Kata Kaspersky Soal Perlindungan Data Pribadi di Indonesia

Jum'at, 06 September 2019 - 14:01 WIB
Kata Kaspersky Soal Perlindungan Data Pribadi di Indonesia
Kata Kaspersky Soal Perlindungan Data Pribadi di Indonesia
A A A
YANGON - Perusahaan keamanan siber, Kaspersky, berharap aturan soal perlindungan data pribadi di Indonesia bisa siap tahun depan. Sebab menurut Managing Director APAC and Japan Kaspersky Stephan Neumeier aturan tersebut penting untuk suatu negara.

"Saya percaya itu akan siap tahun depan. Karena aturan perlindungan data pribadi penting ada disetiap negara," ujarnya dalam sesi media interview di Cyber Security Weekend di Yangon, Myanmar.

Kemudian ia membandingkan Indonesia dengan India yang juga sedang merancang aturan yang hampir mirip. Menurutnya, di India aturan perlindungan data pribadi sudah lebih di depan dibanding Indonesia.

Kendati demikian, Indonesia bukannya jalan di tempat, Neumeier menyebut aturan perlindungan data pribadi di Tanah Air dengan cepat mengejar ketertinggalan.

"India sudah sedikit lebih di depan dibanding Indonesia. Tapi saya rasa Indonesia sekarang sudah coba mengerjar," ungkapnya.

Ia mengaku Kaspersky juga berkomunikasi dengan pemerintah Indonesia dalam merancang aturan perlindungan data pribadi tersebut. Neumeier mengatakan pihaknya juga turut mendukung dengan cara memberikan masukan dalam draf aturan perlindungan data pribadi.

Namun faktanya, hingga saat ini Rancangan Undang-Undang Data Pribadi (RUU PDP) yang dimaksud tak kunjung rampung. Padahal masa pemerintahan 2014-2019 akan segera berakhir Oktober mendatang.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1391 seconds (0.1#10.140)