Ramaikan Pasar, Mahasiswa Viralkan Kampanye #MainKePasar

Senin, 09 September 2019 - 21:58 WIB
Ramaikan Pasar, Mahasiswa Viralkan Kampanye #MainKePasar
Ramaikan Pasar, Mahasiswa Viralkan Kampanye #MainKePasar
A A A
JAKARTA - Pasar tradisional masih menjadi pusat perputaran ekonomi masyarakat sehingga keberlangsungannya perlu dijaga. Demi mendongkrak jumlah kunjungan ke pasar tradisional, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta (Polimedia Kreatif) meramaikan jagad maya dengan hastag kampanye sosial bertajuk #MainKePasar.

Sebagai bagian dari tri dharma perguruan tinggi, kampanye hastag tersebut dipusatkan di kawasan Pasar Minggu dengan melibatkan lebih dari 100 mahasiswa di Program Studi Periklanan. Menurut Rizky Kertanegara, selaku Koordinator Program Studi Periklanan, kampanye #MainKePasar ini bertujuan untuk memberikan pengalaman berbeda kepada mahasiswa yang sebagian besar sudah menjadi bagian dari generasi milenial dan genZ yang relatif jarang mengunjungi pasar tradisional.

“Memasuki era digital, budaya pergi ke pasar tradisional sudah mulai terkikis, terlebih dengan munculnya berbagai alternatif tempat perbelanjaan modern, mulai dari pasar swalayan, convenience store, hingga platform jual-beli online,” ujar penanggung jawab kegiatan pengabdian masyarakat #MainKePasar.

Lebih lanjut dikatakan, sampai saat ini pasar tradisional sebagai salah satu pusat perekonomian suatu wilayah merupakan potensi, serta landmark yang memiliki karakteristik berbeda dengan pasar swalayan, maupun platform jual-beli online. Salah satu potensi yang dapat dikembangkan dari pasar tradisional pada saat sekarang ini adalah dengan menjadikan pasar tradisional sebagai salah satu objek wisata urban, yang dapat memberikan pengalaman berbeda bagi para generasi milenial dan genZ.

“Dengan kampanye #MainKePasar ini, kami juga berharap mahasiswa di program studi periklanan mendapatkan pengalaman baru dan berbeda. Pengalaman itu nantinya mereka bagikan melalui akun media sosial mereka, sehingga dapat memancing generasi milenial, bahkan generasi Z yang lebih muda untuk mendapatkan pengalaman baru di pasar tradisional juga,” jelas Rizky.

Sementara itu, Difa Nasution, Ketua Himpunan Mahasiswa Periklanan Polimedia Jakarta menyambut baik kegiatan kampanye #MainKePasar. Kolaborasi antara mahasiswa dan dosen di program studi periklanan Polimedia ini dapat mengoptimalkan fungsi tri dharma perguruan tinggi, terutama yang berkaitan dengan pengabdian masyarakat.

“Mahasiswa juga dapat mengetahui secara langsung bagaimana membentuk strategi komunikasi pemasaran, terutama di era digital 4.0 seperti saat ini,” papar Difa.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2286 seconds (0.1#10.140)