Temukan 40 Spesies Baru, Pria Ini Selami Lima Laut Terdalam di Dunia

Sabtu, 14 September 2019 - 20:02 WIB
Temukan 40 Spesies Baru, Pria  Ini Selami Lima Laut Terdalam di Dunia
Temukan 40 Spesies Baru, Pria Ini Selami Lima Laut Terdalam di Dunia
A A A
NEW YORK - Pengusaha ekuitas swasta Amerika Serikat Victor Vescovo berhasil menaklukkan lima laut terdalam di dunia. Menggunakan prototipe kapal selam di dekat tebing Molloy di Samudra Arktik pada kedalaman hingga 5,5 kilometer (km) di bawah permukaan laut.

Seperti dilansir dari BBC, Penyelaman adalah yang terakhir bagi Vescovo setelah menjelajahi Samudra Pasifik, Hindi, Antartika, dan Atlantik. Vescovo menyelesaikan misinya dalam 10 bulan.

Kendaraan selam 12 ton (DSV) digunakan dalam kapal selam yang diluncurkan dari kapal pendukung, DSSV Pressure Drop.

Misi terakhir 'Ekspedisi Dasar Kelima' selesai pada 24 Agustus ketika Vescovo mencapai tempat yang disebut Lubang Molloy, sekitar 275 kilometer dari Kepulauan Svalbard, Norwegia.

Rekaman kedalaman dari penyelaman solo sekitar 5.550 meter dan Vescovo adalah orang pertama yang mencapai daerah itu.

"Itu harus dilakukan. Saya memegang filosofi bahwa kita di sini tidak hanya untuk bertahan atau merasa nyaman, tetapi untuk berkontribusi sesuatu. Jalan yang saya pilih adalah untuk petualangan yang akan memajukan kita sebagai salah satu makhluk di Bumi ini," katanya.

Sementara itu, para ilmuwan 'Basic Five' mengklaim telah menemukan 40 spesies baru selama ekspedisi.

Ketuanya, Dr Alan Jamieson, mengatakan ekspedisi membantu para peneliti lebih memahami sirkulasi laut yang diperlukan untuk meningkatkan model komputer untuk memvisualisasikan skenario iklim masa depan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9020 seconds (0.1#10.140)