Ini Daftar Lengkap Para Juara Generali Olimpiade Robotika

Sabtu, 14 September 2019 - 21:58 WIB
Ini Daftar Lengkap Para Juara Generali Olimpiade Robotika
Ini Daftar Lengkap Para Juara Generali Olimpiade Robotika
A A A
JAKARTA - Setelah berlangsung sengit, akhirnya Generali Olimpiade Robotika (GOR) 2019 menghasilkan para juara. Memperlombakan tiga kategori, masing-masing memilih tiga juara.

Event edukasi ini sendiri sudah dilangsungkan sejak tahun 2015. Tahun ini, KORAN SINDO dan SINDOnews bersama Asosiasi Robotika & Otomasi Indonesia (AROI) serta didukung penuh PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia, menggelar kompetisi di Baywalk Mall, Pluit, Jakarta Utara.

Kegiatan ini merupakan sarana untuk mengembangkan potensi dan bakat anak dalam mengonsep dan mengembangkan teknologi robot. Supaya mereka mampu menciptakan teknologi secara tepat guna yang berkontribusi positif bagi masyarakat.

Berdasarkan studi World Economic Forum (2018), diperkirakan ada sekitar 75 juta pekerjaan yang akan digantikan oleh otomasi robot pada 2022. Dan di saat yang sama bakal tercipta 133 juta lapangan pekerjaan baru yang merupakan hasil kolaborasi antara interaksi manusia, mesin, dan algoritma.

Bahkan studi dari McKinsey & Company (2018) juga telah memperkirakan 800 juta pekerjaan akan digantikan oleh robot pada 2030. Kehadiran robot di tengah kehidupan manusia akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang untuk semakin mempermudah aktivitas manusia, serta meningkatkan produktifitas dan efisiensi di berbagai industri.

Chief Marketing & Customer Generali Indonesia, Vivin Arbianti Gautama mengatakan, otomasi robot dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sudah menjadi bagian penting di era Industri 4.0 saat ini. Nantinya kehadiran robot akan semakin erat dengan aktivitas sehari-hari.

"Kami melihat ini sebagai peluang yang baik untuk terus mendukung dan mengasah kemampuan anak-anak agar mereka mampu mengambil bagian dari perkembangan teknologi di era digital. Melalui kompetisi ini (Generali Olimpiade Robotika 2019), Generali berharap kreativitas anak bangsa sudah mulai terbangun mulai dari tingkat pendidikan dasar dan acara ini juga bisa menjadi bekal dan dorongan bagi mereka untuk bisa bersaing di kompetisi robot tingkat dunia," kata Vivin di sela-sela kompetisi robotik yang melibatkan ratusan peserta itu di Baywalk Mall, Pluit, Jakarta Utara, Sabtu (14/9/2019).

Adapun tiga kategori yang dilombakan, yaitu SD: Sumo RC 3 Kg dan Maze Solving; SMP: Sumo Auto 3 Kg; dan Umum: Innovative Robot (SD-SMP).

Sementara para pemenangn dari Olimpiade Robotika SINDO 2019 adalah sebagai berikut:

Maze Solving
1. AWG Robotic Course (MZO 12)
- Rayhan Amir Radjab
- Davin Adiyatma Putra
2.MIN 2 Sragen (MZO24)
- Annan Nur Asnawi
- Sakha Fachri Pratama
3. AWG Robotic Course (MZO 13)
- Ardy Yuris Alif
- Irsya Fawwaz Brahmantyo

Summo RC 3 KG
1. MIN 3 Blitar (RC008)
- Safira Fatiha
2. Taruna Bangsa (RC 005)
- Rizky Putra Adestia
- Dylan I
3. MIN 3 Blitar (RC 017)
- Vino Surya G

Innovative Robot
SD: SDN Rawamangun 12 Pagi (Ropiki)
SM: MTS 4 Jakarta (Smart Factory)

Sumo Autonomous
1. SMP Taruna Bangsa (AT 005)
- Jaden Emmanuel Nasiub
- Muhammad Rakha Marzuki
- Sam Fajar Antoni
2. SMP Taruna Bangsa (AT 007)
- Edrick
- Farrel Maula Alexandra Malik
- Darrel Diandra Pawasa
3. Sari (AT 001)
- Cristopher Owen
- Christopher Bayan
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8653 seconds (0.1#10.140)