Cara Kerja Hacker Curi Data Lewat Sim Card

Senin, 16 September 2019 - 14:11 WIB
Cara Kerja Hacker Curi Data Lewat Sim Card
Cara Kerja Hacker Curi Data Lewat Sim Card
A A A
JAKARTA - Dalam beberapa kasus, kartu SIM yang menempel pada perangkat ponsel dapat menimbulkan lebih banyak risiko keamanan dibanding dengan perangkat lunak atau software di ponsel.

Sebuah laporan terbaru dari tim peneliti AdaptiveMobile Security menyatakan, telah menemukan celah keamanan di kartu SIM yang dijuluki Simjacker

Dalam laporannya yang dikutip via Endgadget, Senin (16/9/2019), perusahaan dapat memata-matai perangkat korban melalui celah keamanan tersebut.

Adapun tekniknya adalah dengan mengirimkan pesan SMS dan memanfaatkan celah kemanan di teknologi yang sudah terpasang di kartu SIM, yakni S@T Browser (SIMalliance Toolbox Browser).

S@T umumnya digunakan untuk beragak fungsi seperti membuka browser, memutar suara, atau mengatur panggilan.

Nah, jika Simjacker berhasil menyusup ke ponsel korban, ia bisan mendapatkan informasi lokasi dan nomor IMEI yang kemudian dikirim ke perangkat lainnya.

Dijelaskan oleh AdaptiveMobile Security bahwa korban tidak akan menyadari sedang mengalami serangan tersebut, begitu juga informasi yang diambil dan berhasil diangkut oleh hacker.

Karena Simjack memanfaatkan teknologi yang berada di kartu SIM, maka serangan ini tidak terkait dengan jenis atau mereka smartphone tertentu.

Secara global tim peneliti menyakini, serangan ini telah dieksploitasi dua tahun terakhir ini oleh perusahaan swasta yang bekerja dengan pemerintah untuk memantau individu.

Serangan dari Simjacker ini berpotensi berdampak pada 30 negara lebih, terutama imur Tengah, Afrika Utara, Asia dan Eropa Timur. Dan dapat meluar ke lebih dari 1 miliar pengguna ponsel.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8552 seconds (0.1#10.140)