alexametrics

Toyota Minta ke Panasonic Dibuatkan Baterai seperti Tesla

loading...
Toyota Minta ke Panasonic Dibuatkan Baterai seperti Tesla
Salah satu mobil listrik Toyota. FOTO/ Ist
A+ A-
TOKYO - Toyota dikabarkan akan menggunakan jenis sel baterai yang sama yang dirancang oleh Panasonic untuk kendaraan Tesla untuk beberapa model plug-in hybridnya.

Di antara model yang terlibat adalah Corolla dan Levin yang diluncurkan di China awal tahun lalu. Meski ukurannya hampir sama, baterai memang memiliki komposisi kimia yang berbeda.

Langkah ini dilihat sebagai upaya Toyota untuk mengamankan pasokan baterai berkualitas tinggi yang stabil, ketika pasar global mulai beralih ke kendaraan listrik.



Toyota dan Panasonic telah mengembangkan baterai selama bertahun-tahun karena pabrikan Jepang berpengaruh ingin memperluas jaringan kendaraan listriknya. Pada bulan Januari, kedua perusahaan mengumumkan usaha patungan untuk memproduksi baterai EV.

Sebelumnya, Toyota juga bermitra dengan Contemporary Amperex Technology Co Ltd (CATL) dan pembuat EV dari China BYD Co Ltd untuk memperoleh baterai. Toyota dilaporkan memesan sekitar 50.000 baterai bak silinder, membuat pabrik baterai Panasonic di Osaka beroperasi dengan kapasitas penuh.

Panasonic menjadi pemasok sel baterai eksklusif Tesla. Namun, Tesla saat ini sedang dalam pembicaraan dengan LG Chem Ltd dalam upaya untuk mendiversifikasi komponen sumber kendaraannya.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak