Liftoff: Gim Kasual Terpopuler, Gim Judi Paling Menjanjikan

Selasa, 17 September 2019 - 13:05 WIB
Liftoff: Gim Kasual Terpopuler, Gim Judi Paling Menjanjikan
Liftoff: Gim Kasual Terpopuler, Gim Judi Paling Menjanjikan
A A A
ESPORTS memang sedan naik daun. Namun, laporan Mobile Gaming Apps Report: 2019 User Acquisition Trends and Benchmarks dari Liftoff menunjukkan bahwa gim kasual merupakan pendorong utama pertumbuhan industri gim. Gim kasual (casual games) merupakan permainan yang tidak terlalu rumit atau cara memainkan yang bertele-tele sehingga dapat dimainkan kapan saja tanpa harus menunggu mood.

Gim semacam inilah yang paling laris dan digemari. Gim kasual mendominasi industri gim seluler dengan menghasilkan angka penjualan sebesar USD3 miliar melalui pembelian dalam aplikasi (inapp purchase ). Hal tersebut mengindikasikan industri tersebut akan mampu memper tahankan jumlah konsumen dalam jangka panjang. Sebagai ilustrasi, gim puzzle mampu menghasilkan peningkatan pendapatan sebesar 34% dibanding tahun lalu.

Sementara gim arcade memperoleh pendapatan sebesar hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Terlepas dari tingginya biaya yang dibutuhkan untuk mengakuisisi pengguna baru, ketertarikan pengguna untuk melanjutkan permainan jauh melampaui biaya akuisisi sebesar USD30,05 untuk setiap pengguna. Komponen signifikan dari pasar gim kasual adalah segmen gim hiperkasual (hyper casual games), yang telah terbukti sebagai medium yang menguntungkan dari segi monetisasi.

Hal ini karena sifat gim tersebut yang pada prinsipnya memang dirancang untuk menghasilkan uang melalui penayangan iklan. Data dari perusahaan analitik aplikasi Apptopia menyebutkan bahwa jumlah unduhan aplikasi gim hiperkasual mencapai hampir 630 juta dan menghasilkan pendapatan lebih dari USD53 miliar di seluruh dunia melalui pembelian dalam aplikasi.

Laporan Liftoff menunjukkan bahwa judul-judul gim hiperkasual terbukti mampu menghasilkan segmen audiens yang baru tanpa harus mengambil alih audiens dari gim lainnya. Didukung dengan data dari App Annie, gim hiperkasual telah bergerak untuk membidik segmen audiens yang belum tentu mengidentifikasi diri mereka sendiri sebagai pemaingim (gamers).

“Pasar gim kasual saat ini sedang mengalami kenaikan,” ujar Dennis Mink, VP Marketing, Liftoff. “Tren menunjukkan bahwa para pengguna tersebut bersedia untuk membayar, menggunakan aplikasi, dan tetap bertahan pada aplikasi, khususnya pada subkategori permainan yang menawarkan alur permainan yang cenderung membentuk kebiasaan,” kata Dennis.

Menariknya, industri gim kasino sosial juga sukses menghasilkan USD1.27 miliar dalam beberapa bulan pertama pada 2018. Laporan Liftoff menunjukkan bahwa pemain gim kasino sosial cenderung menawarkan timbal balik (reward) yang tinggi serta loyalitas konsumen yang kuat. Walau gim kasino sosial cenderung lebih populer di Barat dibanding di Asia.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8525 seconds (0.1#10.140)