alexametrics

Ditemukan Cacat Keamanan WhatsApp di iPhone

loading...
Ditemukan Cacat Keamanan WhatsApp di iPhone
Ilustrasi WhatsApp. FOTO/ Ist
A+ A-
MOUNTAIN VIEW - Sejak 2017 pengguna WhatsApp dimudahkan dengan fitur 'Delete for Everyone' saat ingin menghapus pesan jika tak sengaja mengirim atau tidak yakin dengan pesan yang dikirim.

Namun ternyata, konsultan keamanan aplikasi, Shitesh Sachan mengungkap ada cacat keamanan di fitur WhatsApp tersebut.

Ia mengatakan pada The Hacker News bahwa 'Delete for Everyone' tidak menghapus file foto yang dikirim pengguna iPhone seperti halnya pada Android.



Itu artinya, meski pesan foto atau video sudah dihapus dan penerima sudah melihat keterangan 'Pesan ini telah dihapus' dalam obrolan WhatsApp, pesan tersebut akan tetap disimpan ke handset penerima.

Cacat ini hanya akan berfungsi jika penerima mengaktifkan pengaturan default WhatsApp, yang berarti bahwa foto dan video disimpan secara otomatis di Rol Kamera iPhone pengguna, sebagaimana dilansir dari laman Mirror, Selasa (17/9/2019).

Pihak Mirror sendiri mengaku sudah menguji apa benar yang diungkapkan oleh Sachan,dengan mengirimkan foto melalui WhatsApp di iPhone dengan pengaturan default yang diterapkan, sebelum menghapus foto dalam obrolan.

Hasilya, seperti yang sudah diperkirakan foto itu masih muncul di Camera Roll iPhone.

Sementara Sachan mengaku sudah melaporkan masalah ini ke WhatsApp, tapi perusahaan menolak untuk mengatasi masalah tersebut.

Juru Bicara WhatsApp mengatakan fungsi yang disediakan melalui 'Delete for Everyone' dimaksudkan untuk menghapus pesan dan tidak ada jaminan bahwa media (atau pesan) akan dihapus secara permanen — implementasi berfokus pada keberadaan pesan di WhatsApp.

"Fitur ini berfungsi dengan baik, dan menggunakan fitur 'Delete for Everyone' pada waktunya akan mengakibatkan media dihapus dari utas obrolan WhatsApp," imbuh juru bicara WhatsApp.

"Kami menyediakan opsi sederhana untuk membantu pengguna iPhone mengelola media yang mereka terima dari teman dan keluarga, sesuai praktik yang dibuat oleh sistem operasi. Jika pengguna memilih untuk menyimpan gambar ke rol kamera mereka, mereka disimpan di luar jangkauan fitur WhatsApp 'Delete for Everyone'," pungkasnya
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak