Kominfo Panggil Lion Air Group Terkait Kebocoran Data Pelanggan

Jum'at, 20 September 2019 - 00:04 WIB
Kominfo Panggil Lion Air Group Terkait Kebocoran Data Pelanggan
Kominfo Panggil Lion Air Group Terkait Kebocoran Data Pelanggan
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan pemanggilan kepada pihak Lion Air Group terkait masalah kebocoran data pelanggan maskapai Malindo Air dan Thai Lion Air di internet.

Dirjen Aplikasi dan Informatika (APTIKA), Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan pertemuan dengan perwakilan Lion Air Group ini dilakukan untuk klarifikasi terhadap kejadian tersebut.

"Jadi tadi dilaporkan memang ada kejadiannya dan kejadiannya adalah data breach (kebocoran data) di Malindo dan Thai Lion Air yang beroperasi dari Malaysia," ujarnya saat press conference di Jakarta, Kamis malam (19/9/2019).

Semuel menyebut, setelah informasi mengenai kebocoran data beredar, Lion Group telah mengamankan basis data yang berlokasi di layanan cloud milik administator.

Pihaknya belum bisa mengungkap berapa jumlah yang terdampak kebocoran data ini, sebab masih di investigasi pihak otoritas Malaysia.

"Sudah dilaporkan ke otoritas di Malaysia karena kejadian ini lokasinya di sana. Berapa jumlahnya kita belum tahu, lagi diinvestigasi " tutur Semuel.

Dalam kesempatan yang sama Managing Director Lion Air Group, Daniel Putut Kuncoro Adi, mengungkap pihak Lion telah menindaklanjuti perihal kebocoran data ke seluruh administrator perusahaan serta mengamankan data lain agar tidak turut mengalami kebocoran.

Ia juga mengaku belum mengetahui apakah dari jutaan data yang dibocorkan terdapat data milik warga negara Indonesia atay tidak.

"Kami belum memiliki nama-nama penumpang yang datanya dibocorkan," pungkasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9226 seconds (0.1#10.140)