Ikan Purba 'Chimaeras Monstrosa Linnaeus' Tertangkap di Andoya

Minggu, 22 September 2019 - 17:50 WIB
Ikan Purba  Chimaeras Monstrosa Linnaeus Tertangkap di Andoya
Ikan Purba 'Chimaeras Monstrosa Linnaeus' Tertangkap di Andoya
A A A
JAKARTA - Seorang pemuda berusia 19 tahun, Oscar Lundahl, dari Pulau Andoya di Norwegia, menangkap ikan dari keluarga dinosaurus. Ikan yang dikenal sebagai ikan tikus, karena mata dan ekornya yang panjang, seperti hewan pengerat itu.

“Apa yang tidak biasa adalah, matanya besar , saya tidak bisa percaya bahwa ada sesuatu seperti itu,” kata seorang pengguna Internet terkejut seperti dilansir dari zoorprendente.

Sayangnya, ikan malang tidak tahan terhadap perubahan tekanan, masalah yang sangat umum bagi ikan untuk meninggalkan elemen akuatiknya, dan dalam beberapa menit ia berhenti bernapas.

Oscar Lundahl hampir melompat keluar dari perahunya saat dia melihat ikan aneh yang memiliki mata bulat yang sangat besar.

Ikan itu adalah seekor ratfish (ikan rat) dengan nama latinnya Chimaeras Monstrosa Linnaeus, atau dalam mitos Yunani monster berkepala singa dan ekor naga.

Ratfish masih satu kerabat dengan hiu. Ikan tersebut telah ada sejak 300 tahun yang lalu serta hidup di perairan dalam dan jarang tertangkap.

Ratfish tidak berbahaya bagi manusia dan hanya memakan krustasea seperti kepiting dan siput laut. Meski demikian tampilan fisiknya sangat menyeramkan.

Mata besar mereka diyakini telah berkembang untuk membantu mereka melihat dalam kegelapan di perairan dalam.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3677 seconds (0.1#10.140)