alexametrics

Ketika realme 5 Pro dan Galaxy A50s Bersanding, Siapa Lebih Memikat?

loading...
Ketika realme 5 Pro dan Galaxy A50s Bersanding, Siapa Lebih Memikat?
Tampak bodi belakang realme 5 Pro (kanan) dan Samsung Galaxy A50s yang masing-masing menempatkan kameranya di sisi kiri atas dari ponsel. Foto/Muh Iqbal Marsyaf/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Selalu menarik untuk membandingkan dua smartphone yang berada di segmen harga sama. Apalagi jika kedua ponsel tersebut merupakan dua ponsel perangkat di kelas yang juga sama.

Saat ini pasar sedang diramaikan dengan euforia realme 5 Pro dan juga Samsung melalui Galaxy A50s-nya. Keduanya hadir dalam waktu yang berdekatan dan sama-sama mengisi pangsa pasar kelas mid-end.

Oleh karena itu keduanya memiliki kemiripan spesifikasi satu sama lain. Yang pasti keduanya sudah memenuhi syarat sebagai smartphone kekinian.



Jadi terlihat seru untuk membandingkan keduanya dari beberapa sudut pandang. Tapi mana yang paling memikat di antara keduanya, Anda yang putuskan.

Desain Serupa Tapi Tak Sama
Desainnya tidak sama persis tapi keduanya sepaham. Ya, baik realme 5 Pro dan Samsung Galaxy A50s, sama-sama mengusung desain mengkilap dengan corak warna bermotif. Hanya khusus realme 5 Pro, bagian belakangnya memiliki kombinasi dua warna gradasi. Sedangkan Samsung lebih memilih satu warna saja.

Ponsel realme 5 Pro tampil kreatif dengan keberadaan pola blok-blok layaknya kristal yang makin ramai di bagian bawah. Terutama pada varian warna hijau, bodi belakang realme 5 Pro ini tampak seperti bulu merak.

Sedangkan Samsung Galaxy A50s tampil lebih terkoordinasi dengan motif wajik besar. Samsung menyediakan tiga pilihan warna, yaitu hitam, putih, dan hijau. Dan di sisi lain, realme 5 Pro menyediakan dua opsi warna yaitu hijau yang sebenarnya gabungan antara warna hijau dan biru (Crystal Green), dan biru yang merupakan gabungan warna ungu biru (Sparkling Blue).

Desain bagian belakang mirip juga dengan jajaran kamera di sisi kiri atas memanjang ke bawah. Untuk material keduanya sama-sama menggunakan polikarbonat.

Di satu sisi tetap menjaga bobot agar ringan, tapi sisi lain mudah baret. Untungnya keduanya dibekali aksesori case pelindung di dalam boks. Berjenis transparan, jadi meski menggunakan case tidak menutup kemilau bodi belakang keduanya. Urusan bobot, Samsung tercatat lebih ringan dengan angka sekitar 160 gram dan realme 5 Pro dengan angka sekitar 180 gram.

Yang menjadi spesial adalah realme 5 Pro memiliki daya tahan ekstra atas cipratan air, sedangkan Galaxy A50s belum memilikinya. Urusan desain memang lebih ke preferensi masing-masing. Hanya dengan tambahan fitur anti cipratan air ini, membuat realme 5 Pro lebih unggul.

Layar Beda Jenis
Beralih ke bagian depan, realme 5 Pro dan Galaxy A50s hadir mengikuti tren dengan poni alias takik. Hanya untuk Galaxy A50s berbentuk U takiknya dan realme 5 Pro berbentuk tetesan air. Ukuran inci di Galaxy A50s lebih luas satu inci, dengan 6,4 berbanding 6,3 inci di realme 5 Pro.

Tapi jika berbicara resolusi, keduanya sama berada di 1.080 piksel x 2.340 piksel. Rasionya juga sama dengan 19,5:9. Berujung pada kerapatan yang lebih baik di realme 5 Pro.

Kualitas layar dari keduanya terbilang sebanding. Padahal berbeda jenis panel. Samsung memberikan panel Super AMOLED ke Galaxy A50s, realme mengadopsi panel IPS LCD. Keduanya bisa memberikan tampilan dengan kontras warna menonjol. Hanya layar di Galaxy A50s juga berfungsi sebagai sensor sidik jari, sesuatu yang belum ditemukan di realme 5 Pro.

Kamera Beda Jumlah
Untuk urusan kamera belakang, realme 5 Pro memiliki empat kamera dan Galaxy A50s tiga kamera saja. realme 5 Pro hadir dengan tambahan kamera lensa makro, sesuatu yang jarang ditemukan di ponsel lain di kelasnya.

Kamera utama kedua ponsel memberikan resolusi besar yakni 48 MP. Keduanya terbilang andal dalam menangkap keindahan objek. Namun untuk urusan gelap, realme 5 Pro lebih bersinar berkat bantuan software AI.

Melalui mode bernama Nightscape, para penggunanya dapat dengan mudah menghasilkan foto yang terang, jernih, dan detail saat memoto di malam hari.

Urusan kamera dengan tangkapan area bidik luas, keduanya bisa berikan hasil sebanding. Melalui kamera resolusi sama-sama 8 MP bisa menghasilkan foto yang minim distorsi di keduanya.

Sempat disinggung di atas bahwa kamera realme 5 Pro menjadi sorotan karena memiliki tambahan satu kamera yang tidak ada di Galaxy A50s. Melalui kamera makro, Quad Camera di realme 5 Pro bisa menangkap detail yang lebih kecil secara lebih baik. Dengan fokus yang bisa menangkap jarak objek 4 cm saja, detail atau tekstur di objek bisa terlihat secara lebih tajam.

Bicara kamera depan, Galaxy A50s memasang resolusi 32 MP dan sebagai pembanding realme 5 Pro memiliki sensor 16 MP. Keduanya sama-sama dimotori dengan software beauty yang menjamin hasil selfie lebih baik namun tetap natural.

Kapasitas Baterai
Bicara baterai, hanya selisih tipis. Samsung Galaxy A50s datang dengan kapasitas baterai 4.000mAh. Sedangkan realme lebih tinggi sedikit dengan sel 4.035mAh. Dalam kondisi nyata selisih tersebut tiada artinya.

Tapi realme 5 Pro berani memberikan sebuah fitur yang selama ini eksklusif berada di ponsel kelas atas. Apalagi jika bukan VOOC Flash Charge 3.0.

Sama-sama mendukung fast charge melalui port USB Type-C, tapi dengan VOOC Flash Charge 3.0, maka ponsel dapat terisi penuh dalam waktu sekitar 80 menit saja. Belum lagi kondisi ponsel yang tetap sejuk saat dicas dan dimainkan. Ini karena besaran watt yang lebih besar yakni dengan 15W vs 20W.

Pilih Mana?
Handphone realme 5 Pro dan Galaxy A50s jika dilihat secara keseluruhan memang sebanding dan memiliki keunggulan masing-masing. Keduanya menjadi pembaruan yang manis di segmen kelas ponsel menengah.

Namun jika bicara urusan fitur yang lebih esensial, maka realme 5 Pro adalah juaranya. Baterai merupakan sektor penting untuk smartphone sekarang ini. Kapasitas besar dan teknologi pengisian cepat dan diklaim aman menjadi solusi yang memikat dalam sebuah ponsel terjangkau.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak