Beri Edukasi Finansial Digital, iDANA Hadir di Bandung

Senin, 23 September 2019 - 23:15 WIB
Beri Edukasi Finansial Digital, iDANA Hadir di Bandung
Beri Edukasi Finansial Digital, iDANA Hadir di Bandung
A A A
BANDUNG - Financial technology (FinTech) kini menjadi alternatif inovatif yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi keuangan, mulai dari pembayaran hingga peminjaman dana. Tapi, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami berbagai aspek dari FinTech. Hal ini mempengaruhi potensi perkembangan FinTech di Indonesia.

Sebuah kegiatan berformat sharing session dan exhibition, telah dilakukan oleh iDANA melalui produknya Cairin bersama dengan Empatkali. Sebagai sebuah platform digital keuangan berbasis peer to peer lending (P2P) yang telah terdaftar resmi dan diawasi OJK, Cairin tampil memberikan edukasi dan sosialisasi Financial Technology (FinTech) kepada masyarakat di Bandung, Jumat (20/09/19).

Kegiatan selama 1 hari ini ternyata mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan yang hadir. Digital Marketing Manager iDANA, Hendra Putra, berharap melalui Cairin, masyarakat memperoleh pemahaman menyeluruh tentang layanan keuangan yang tersedia dan dapat dengan bijak memanfaatkan platform dana pinjaman ini.

Sebagai pelaku bisnis keuangan digital, Cairin melihat kelompok masyarakat di area Bandung kebanyakan adalah masyarakat yang membutuhkan bantuan keuangan untuk usaha mandirinya. “Baik di kota besar maupun kecil, masih banyak juga masyarakat yang belum terlayani oleh produk keuangan perbankan, namun mereka memiliki smartphone. Pengguna internet di Indonesia jumlahnya mencapai 60 juta orang dan mereka aktif setiap bulannya. Mereka menyambut baik kehadiran teknologi ini. Tapi kita juga harus paham ekses negatif dari perkembangan teknologinya. Makanya bijak dalam mempelajari produknya,” menurut Hendra Putra.

Dalam kegiatan ini, iDANA melalui produknya Cairin memberikan penjelasan manfaat produk termasuk keberadaan produk yang resmi terdaftar dan berizin OJK sejak April 2019 bernomor registrasi 100 kategori peer to peer lending. "Inilah salah satu cara yang kami lakukan, yaitu selalu melakukan edukasi dan sosialisasi mengenai FinTech kepada masyarakat secara langsung. Dengan bertambahnya jumlah nasabah kami di berbagai kota, kami ingin agar nasabah teredukasi dengan jelas mengenai manfaat dari produknya,” ucap Hendra Putra.

Semua peserta yang hadir pun dapat langsung berinteraksi dan dengan mudah mengakses Cairin. Hanya dengan men-download dan lakukan registrasi online melalui handphone, masyarakat langsung melakukan proses administrasi melalui aplikasi online Cairin. Nasabah dapat meminjam dana hingga Rp1,6 juta setiap transaksinya, dengan tenor pengembalian mulai 14 - 28 hari terhitung saat dana diterima oleh nasabah.

Teknologi yang makin berkembang di masyarakat termasuk didalamnya penggunaan produk keuangan dalam bentuk digital tentunya akan sangat bermanfaat. Hal ini berlaku pula di area Bandung dan sekitar. Semakin lengkap dengan turut sertanya perbankan daerah dan perusahaan FinTech mendukung kegiatan program pemerintah ini, maka target untuk memantapkan ekosistem keuangan masyarakat secara merata akan tercapai.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5238 seconds (0.1#10.140)