alexametrics

Cara Gunakan Instagram untuk Promosi Bisnis

loading...
Cara Gunakan Instagram untuk Promosi Bisnis
Cara Gunakan Instagram untuk Promosi Bisnis. (Ilustrasi).
A+ A-
INSTAGRAM punya banyak fitur kreatif, mulai Feed, Stories, Live, hingga IGTV, yang tersedia untuk akun personal maupun bisnis. Fitur-fitur ini dapat dimanfaatkan oleh personal, brand, maupun UKM.

Instagram mengklaim sebagai salah satu medium bisnis paling banyak digunakan di Indonesia. Mereka memberi UKM kesempatan lebih besar untuk meraih sukses dengan meningkatkan jangkauan konsumen, baik di kota mereka, kota lain di Indonesia, maupun luar negeri.

Fitur-fitur yang disediakan Instagram dirancang untuk membuat interaksi pebisnis dan konsumen lebih mudah, nyaman, dan menarik sehingga hubungan antara bisnis dan konsumen lebih bermakna.



Menurut studi Instagram lewat Ipsos dengan wawancara kepada 3.012 pengguna Instagram (Instagrammer) berusia 13 tahun ke atas serta 502 pengguna profil bisnis Instagram dari UKM (kurang dari 250 karyawan), didapat hasil bahwa 82% wirausaha muda sangat setuju bahwa Instagram membantu mereka mencapai target usaha.

Sebanyak 63% UKM setuju bahwa Instagram membantu peluncuran dan kesuksesan usaha baru, 74% setuju bahwa usaha mereka berkembang pesat karena akun Instagram, dan 71% setuju bahwa Instagram memberi mereka kekuatan untuk membangun bisnis sesuai keinginan. Berikut beberapa tips dari Instagram untuk menggunakan fitur bisnis:

Gunakan Tagar
Tagar (hashtag) merupakan cara tepat untuk menemukan banyak hal. Saat ini tagar merupakan senjata utama yang masih jarang digunakan. Namun, kunci utamanya adalah tetap gunakan tagar dengan bijak. Hindari penggunaan tagar terlalu banyak. Usahakan menggunakan tagar khusus yang sesuai dengan bisnis Anda.

Pelajari Insights
Instagram menyediakan Insights bagi setiap profil bisnis di Instagram. Fitur ini dapat membantu bisnis memahami karakteristik audiensinya lebih baik lagi. Mereka bisa menentukan waktu tepat untuk mengunggah konten serta berapa banyak konten yang harus diunggah dalam sehari. Berkat algoritma Instagram, meski Anda mengunggah 10 konten pada saat bersamaan, followers Anda tidak akan merasa terganggu dengan semua unggahan Anda. Algoritma Instagram akan menampilkan unggahan secara bertahap kepada setiap followers Anda.

Manfaatkan seluruh fitur di Instagram
Tunjukkan ciri khas dan bangun interaksi dengan konsumen. Gunakan fitur asli Instagram seperti Feed, Stories, Live, bahkan IGTV. Pelajari Insights bisnis yang dapat menjangkau konsumen lebih luas melalui iklan (dengan biaya mulai Rp20.000). (Danang Arradian)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak