alexametrics

JD Power: Dua Tahun Berturut-turut MMKSI Paling Puaskan Pelanggan

loading...
JD Power: Dua Tahun Berturut-turut MMKSI Paling Puaskan Pelanggan
Manajemen PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia dan perwakilan J.D. Power saat seremoni meraih peringkat tertinggi dalam indeks kepuasan pelanggan di Jakarta, Rabu (25/9/2019). Foto/Muh Iqbal Marsyaf/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Kehadiran small-MPV Xpander membumbungkan nama PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di industri automotif nasional. Tapi itu tak membuat distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) itu jumawa.

Justru bagi MMKSI saat ini adalah momen penting untuk menunjukkan kepada publik bahwa mereka layak dipercaya oleh konsumen. "Kami fokus layanan purnajual karena pastinya para konsumen akan melakukan perawatan terhadap Xpander di bengkel resmi. Nah di sini MMKSI harus bisa membuktikan bahwa layanan purnajual Mitsubishi terjamin. Sekarang ini banyak dari pembeli Xpander adalah pengguna pertama Mitsubishi, jadi kami harus memberikan kesan yang baik, menimbulkan kepercayaan terhadap merek," kata Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI saat booming Mitsubishi Xpander.

Apa yang diusahakan oleh Irwan Kuncoro dkk sukses di mata pelanggan. Konsumen merasa puas dengan layanan dari dealer Mitsubishi. Buktinya selama dua tahun berturut-turut MMKSI meraih peringkat tertinggi dalam indeks kepuasan pelanggan untuk layanan after-sales di antara brand mass-market lainnya. Peringkat kepuasan itu berdasarkan studi yang dilakukan oleh JD Power.



"Prestasi pertama didapat pada Studi Indonesia Customer Service Index (Mass Market) di tahun 2018 dan sekarang PT MMKSI kembali menempati posisi pertama di tahun 2019," kata Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI saat seremoni penyerahan penghargaan dari Shantanu Majumdar selaku Regional Director, Automotive Practice JD Power di kantor PT MMKSI Pulomas, Jakarta Timur, Rabu (25/9/2019).

MMKSI meraih skor tertinggi untuk layanan purnajual di Indonesia dalam studi yang dilakukan oleh JD Power terhadap 2.786 responden pemilik kendaraan. Responden melakukan pembelian dan melakukan servis kendaraan di dealer pada periode Februari 2018-Juni 2019 dan melakukan perbaikan unit di dealer resmi Mitsubishi pada periode Februai 2018-Juni 2019.

“Kepuasan pelanggan merupakan hal terpenting bagi kami. Sedangkan bagi konsumen, produk dan kualitas servis merupakan yang utama. Maka dari itu kami terfokus melihat ketertarikan dan kebutuhan konsumen serta bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut," ujar Naoya Nakamura.Pihaknya berusaha menghadirkan produk yang lebih dari sekadar alat transportasi, tapi juga untuk meningkatkan kualitas hidup, yang ditunjang dengan layanan purnajual andal. "Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh pelanggan setia Mitsubishi Motors di Indonesia, sehingga selama dua tahun berturut-turut kami dapat meraih peringkat pertama Customer Service Index dari J.D. Power. Capaian ini mendorong kami untuk terus berkembang dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan,” janji Naoya Nakamura.

Mitsubishi Motors meraih peringkat tertinggi di antara brand automotif lainnya dengan capaian skor sebesar 819 poin. Skor ini tidak hanya merupakan skor tertinggi yang pernah diraih oleh Mitsubishi, tapi juga secara mass market.

Terdapat lima faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan ketika melakukan perbaikan kendaraan di dealer, yaitu kualitas service (24%), inisiasi service (20%), pengambilan kendaraan yang telah di-service (19%), service advisor (19%), dan fasilitas service (18%). Kepuasan pelanggan diukur pada skala 1.000 poin, dengan skor yang lebih tinggi menunjukkan kepuasan yang lebih tinggi.

Diraih dengan Kerja Keras
Pada kesempatan yang sama, Eiichiro Hamazaki, Director of After Sales Division PT MMKSI, mengatakan, meningkatkan derajat kepuasan pelanggan bukanlah pekerjaan mudah. Karena Mitsubishi perlu memastikan standardisasi layanan di dealer yang ada di seluruh Indonesia.

Disebukannya, MMKSI memberikan pemahaman kepada para dealer bahwa mengikuti standardisasi layanan kepada pelanggan adalah penting. "Kami sudah dua tahun berturut-turut menjadi yang terbaik dalam melayani pelanggan. Dan tahun depan kami ingin lagi (penghargaan yang sama)," kata Eiichiro Hamazaki.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak