Beberapa Aplikasi di Android Terdeteksi Berbahaya Melebihi Malware

Selasa, 01 Oktober 2019 - 20:02 WIB
Beberapa Aplikasi di Android Terdeteksi Berbahaya Melebihi Malware
Beberapa Aplikasi di Android Terdeteksi Berbahaya Melebihi Malware
A A A
JAKARTA - Lembaga kemanan siber Sophos merilis beberapa nama aplikasi di Android yang teridentifikasi telah melakukan kejahatan dengan menyusupi fleeceware.

Berbeda dengan malware atau virus berbahaya yang sering dijumpai di Android, fleeceware merupakan aplikasi yang tanpa disadari dapat memeras penggunanya.

Cara yang ditempuh adalah dengan memaksa penggunanya berlangganan setelah diberikan masa coba selama tiga hari. Setelah berlangganan, akan muncul tagihan dengan jumlah yang membuat naik darah.

Beberapa aplikasi terjangkit fleeceware yang telah ditemukan oleh Sophos di antaranya QR Code Master, Camera Search, Compass Pro: GPS, Pic Collage, Gif Maker Free & Gif, Hide Photos & Video, HiddenMe - Face Age, dan Old Me.

Dalam laman resminya, Sophos menguraikan jumlah pengguna yang telah mengunduh per aplikasi itu yang mencapai jutaan. Jika dikumulatifkan, Sophos berestimasi jumlah keseluruhannya mencapai 20,081,000 pengunduh.

Jika terlanjur mengunduh satu atau beberapa aplikasi tersebut, disarankan untuk segera menghapusnya dan menghentikan status berlangganan.

"Google mengawasi aplikasi yang mereka terbitkan. Tetapi aplikasi ini menghindari perhatian Google dengan berada di ujung batas legalitas," tulis Sophos.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8627 seconds (0.1#10.140)