alexametrics

Ferrari F8 Spider Hadir dengan Mesin Terhebat

loading...
Ferrari F8 Spider Hadir dengan Mesin Terhebat
Ferrari dengan Mesin Terkuat. (Istimewa).
A+ A-
Ferrari F8 Spider menggendong mesin Ferrari terhebat yang ada saat ini. Mesin V8 yang ada di mobil itu menjadi mesin terbaik versi International Engine of the Year Awards selama empat tahun belakangan ini. Selain mesin apa yang membuat Ferrari F8 Spider jadi begitu istimewa?

Tidak mudah membuat mesin terhebat dan terbaik selama empat tahun belakangan ini. Inilah yang dilakukan oleh Ferrari saat mereka mencoba membuat mesin mobil yang mampu melampaui mesin-mesin yang juga dibuat oleh pabrikan mobil yang luar biasa seperti Porsche, Lamborghini dan Bugatti.

Mesin V8 yang dibuat oleh Ferrari ternyata mampu mengungguli mesin buatan Porsche, Lamborghini dan Bugatti. Tidak heran jika Ferrari getol memasang mesin itu di berbagai mobil buatan mereka seperti Ferrari terbaru, Ferrari F8 Spider.



Mobil dengan atap terbuka itu merupakan kelanjutan dari Ferrari F8 Tributo yang sudah diluncurkan Ferrari awal tahun ini. Bedanya atap Ferrari F8 Tributo tidak bisa dibuka sementara Ferrari F8 Spider atapnya bisa dibuka.

Sebenarnya mudah saja bagi Ferrari mengubah Ferrari F8 Tributo menjadi Ferrari F8 Spider. Toh yang mereka lakukan hanya memangkas atapnya saja. Namun tetap saja mereka harus melakukan beberapa pembenahan di bagian belakang mobil.

Tentu saja itu terkait dengan atap mobil yang harus dilipat ke dalam bagasi mobil. Bagian ini lah yang terasa sedikit berbeda antara Ferrari F8 Spider dengan Ferrari F8 Tributo.

Pemilik mobil itu pun tidak perlu berhenti dulu untuk membuka atap mobil. Asal mobil melaju dalam kecepatan 45 kilometer per jam atap bisa langsung melipat sendiri. Begitu terbuka Anda bisa merasakan langsung dentuman mesin terbaik dunia yang dimiliki Ferrari.

Sebenarnya Ferrari memposisikan mobil ini bukan sebagai pelengkap dari Ferrari F8 Tributo. Alih-alih mobil ini justru jadi suksesor mobil atap terbuka Ferrari lainnya yakni Ferrari 488 Spider dan Ferrari 488 Pista Spider. Ferrari mengklaim desain Ferrari F8 Spider memang kalah ekstrem dibandingkan Ferrari 488 Pista Spider. Namun Ferrari F8 Spider jauh lebih sporty.

Ferrari F8 Spider dan Ferrari 488 Pista Spider memang memiliki tenaga maksimal yang sama yaitu 720 daya kuda. Tentu ini terjadi karena keduanya berbagi mesin yang sama. Hanya saja Ferrari F8 Spider jauh lebih sporty bobot mesin mobil Ferrari F8 Spider lebih ringan 20 kilogram ketimbang mesin yang sama di Ferrari 488 Pista Spider.

Selain itu Ferrari F8 Spider juga memiliki posisi lubang angin, guna mensuplai udara ke dalam mesin tengah, yang berbeda dengan Ferrari F8 Tributo dan Ferrari 488 Pista Spider. Lubang angin itu kini berada di bagian belakang sehingga asupan angin ke dalam mesin jadi lebih maksimal.

Mobil sporty butuh dinamika yang tinggi. Untuk itulah Ferrari meningkatkan fitur Ferrari Dynamic Enhance (FDE+). Fitur ini membuat pengendara mobil tidak akan tertekan dengan tenaga yang begitu melimpah dalam setiap injakan pedal gas.

Adaptive Performance Launch juga diinjek ke dalam mobil itu. Fitur ini membaca akselerasi mobil dengan kondisi jalan yang tengah dilalui. Kondisi jalan yang dilalui diolah menjadi data elektronis yang kemudian disampaikan ke dalam power unit mobil guna mengatur tenaga agar tidak berlebihan tersalur tersalur ke roda mobil.

Di mobil ini, Ferrari juga meningkatkan Ferrari Variable Torque Management. Fitur ini membuat Ferrari F8 Spider tidak pernah kehilangan kendali ketika bermanuver. Jadi meski tenaganya begitu melimpah Ferrari F8 Spider tidak akan membuat pengemudinya tertekan. Siapa pun bisa mengendalikan mobil dengan logo kuda jingkrak itu dan merasakan sensasi mencapai kecepatan 100 kilometer per jam dari keadaan diam dalam waktu singka 2,9 detik.

Apalagi jika sensasi itu terjadi dengan atap mobil yang terbuka. Bayangkan suara letupan knalpot yang menggelegar lebih dekat ke kuping Anda dan sensasi menembus udara dengan sangat cepat. Anda seolah-olah menyatu dengan mesin terhebat di dunia buatan Ferrari. Inilah yang membuat Ferrari F8 Spider begitu istimewa dibanding kakaknya Ferrar F8 Tributo. (Wahyu Sibarani)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak