alexametrics

Joker Mulai Teror Pengguna Android Lewat Play Store

loading...
Joker Mulai Teror Pengguna Android Lewat Play Store
Bandit Joker musuh abadi Batman. FOTO/Ist
A+ A-
NEW YORK - Saat ini Joker menjadi bahan perbincangan. Pasalnya, ia tengah merambak dunia perfilman tanah air. Namun, Joker juga menjadi ancaman bagi pengguna ponsel berbasis Android.

Sebuah perusahaan riset keamanan siber dan perangkat CSIS Security berhasil mendeteksi malware baru yang dinamai Joker. Malware ini menyusup ke dalam puluhan aplikasi di Google Play Store. BACA JUGA: 5 Alasan Mengapa Film Joker Tidak Layak Ditonton Anak-Anak

Mengutip dari CSIC Techblog, Minggu (6/10/2019), Joker bisa mencuri pesan SMS, daftar kontak, dan informasi dari perangkat yang terpapar. Tak hanya itu, malware Joker secara diam-diam juga bisa mendaftarkan pengguna aplikasi untuk berlangganan layanan premium.

Puluhan aplikasi itu dikabarkan sudah terunduh lebih dari 400 ribu kali. “Joker berinteraksi dengan website iklan-iklan untuk menghasilkan klik palsu dan mendaftar layanan premium tanpa sepengetahuan korban," jelas analis malware CSIS Security Aleksejs Kuprins.
BACA JUGA: Kumpulan berita seru Bandit Joker



Dalam laporannya, CSIS Security mendeteksi bahwa Joker berhasil masuk sedikitnya di 37 negara. Meski tidak menyebutkan daftar aplikasi apa saja yang telah disusupi, menurut Kuprins, Google telah mendeteksi dan menghapus aplikasi-aplikasi yang terindikasi mengandung virus.

Ia mengimbau bagi pengguna Android untuk mewaspadai setiap izin yang diminta oleh aplikasi apapun. “Kami sarankan untuk memperhatikan setiap izin pada aplikasi yang dipasang. Biasanya tidak ada keterangan yang jelas kenapa aplikasi tersebut membutuhkan izin tertentu,” imbuhnya.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak