alexametrics

Gunakan Aplikasi TI, Mercer | Mettl Merevolusi Bidang Perekrutan Kandidat Kerja

loading...
Gunakan Aplikasi TI, Mercer | Mettl Merevolusi Bidang Perekrutan Kandidat Kerja
Ilustrasi proses rekuitmen pekerja. FOTO/ Ist
A+ A-
JAKARTA - Ketergantungan bisnis pada model kompleks berbasis internet dan perkenalan dengan teknologi maju terbaru seperti Inteligensi Buatan, Analisis Data, dan Pembelajaran Mesin telah mengubah pekerjaan saat ini dan masa depan. Pekerjaan yang dirancang ulang dan keterampilan serta kompetensi yang dibutuhkan untuk memenuhi tuntutan pekerjaan yang terus berkembang telah didefinisikan ulang juga.

Jelas, ada kesenjangan bakat yang sangat besar serta pasar tenaga kerja yang ketat yang membuat rekrutmen semakin sulit mengingat bahwa semua perusahaan bersaing untuk mendapatkan sekumpulan kandidat yang sama yang tersedia di pasar kerja.


Untuk memenuhi tuntutan tantangan rekrutmen dan kompleksitas bisnis, organisasi harus berada di puncak kompetensi mereka. Mereka harus terus berkembang selaras dengan perubahan industri dengan mengadopsi strategi akuisisi bakat, alur kerja, dan proses terbaru dan inovatif untuk terus menarik, menilai, membina, dan mempertahankan bakat yang tepat. Dari penilaian online, hackathon, wawancara video hingga pengujian jarak jauh yang terprogram – seluruh dinamika akuisisi bakat telah bertransformasi.



Gunakan Aplikasi TI, Mercer | Mettl Merevolusi Bidang Perekrutan Kandidat Kerja


Tetapi berpikir tentang mempekerjakan bakat yang tepat dan kecocokan budaya perusahaan adalah salah satu sisi dari sebuah cerita dimana kandidat ada di sisi lain. Para kandidat ingin menjadi bagian dari merek yang mereka temukan nilainya tinggi. Perusahaan-perusahaan yang ingin mereka bergabung untuk kerja bisa membantu mereka tumbuh dalam kehidupan mereka tidak hanya secara profesional tetapi juga secara pribadi dengan memberi mereka peluang baru, menawarkan proyek-proyek yang lebih besar untuk dipimpin, jalur terbuka untuk terus belajar dan berkembang, dan tingkat kebebasan dan fleksibilitas tertentu. Itulah sebabnya ada banyak penekanan dan fokus oleh organisasi untuk membangun daya tarik merek yang kuat yang bisa diidentifikasi oleh para kandidat saat ini untuk meningkatkan komitmen dan loyalitas karyawan.

Salah satu solusi dimana organisasi dapat dengan cepat menyeleksi kandidat adalah memanfaatkan startup hackathon pada pengalaman hari pertama perekrutan kandidat daripada dengan wawancara biasa. Hackathon adalah modul uji langsung di mana para kandidat diberikan beberapa jam yang telah ditentukan sebelumnya untuk menyelesaikan prototipe produk diikuti dengan pengakuan dan penghargaan - ini bisa bekerja sangat baik untuk para kandidat serta organisasi. Mercer | Mettl adalah penyedia solusi rekrutmen global terkemuka yang menawarkan hackathon sebagai bagian dari rangkaian solusinya.

Untuk tahap awal proses rekrutmen seperti menyaring kandidat, organisasi ingin mengukur kompetensi masa depan seperti perilaku, psikometrik, kognitif, dan domain yang akan dibutuhkan organisasi dan kemudian mulai menilai berbagai kandidat di sepanjang kompetensi tersebut. Platform akuisisi talenta seperti Mercer | Mettl menawarkan solusi holistik dari awal sampai akhir untuk memungkinkan Anda mengelola, menganalisis, dan mendapatkan ikhtisar upaya perekrutan Anda di satu tempat di Cloud.

Ashutosh Pandey, Kepala Bisnis- Indonesia, Mercer | Mettl berkata, “Saat ini, milenial dan Gen Z mengharapkan perusahaan untuk mengerti teknologi terutama selama proses perekrutan mereka. Skrining chatbots, wawancara virtual, dan alat penilaian berbasis AI secara positif berdampak pada merek perusahaan, yang membantu dalam menarik talenta terbaik. ”

Selain mengevaluasi kompetensi yang tepat untuk bisnis, platform online tersebut sepenuhnya mampu, aman, dan kredibel karena kemampuan pengujian jarak jauh berbasis kecerdasan buatan. Tidak terbatas pada hal itu, memanfaatkan alat online modern seperti simulator program koding menilai kemampuan koding kandidat sehingga organisasi dapat merekrut kandidat terbaik di kelasnya untuk kebutuhan bisnis dan industri mereka.
Gunakan Aplikasi TI, Mercer | Mettl Merevolusi Bidang Perekrutan Kandidat Kerja

Penilaian bakat awal untuk penyaringan kandidat yang diikuti oleh wawancara penuh dengan tantangan besar dalam bidang rekrutmen. Tantangan semacam itu berkisar pada aspek utama seperti kurangnya kejelasan kompetensi utama untuk evaluasi kandidat atau tidak adanya konsistensi peringkat oleh berbagai elevator yang dapat membawa bias dan inefisiensi subjektif dalam proses. Selain itu, proses wawancara yang panjang bisa menguras tenaga bagi para kandidat dan para HR juga akhirnya menghabiskan banyak waktu.

Tetapi dengan wawancara video langsung dan pra-rekaman yang terstruktur, semuanya dapat divisualisasikan dalam satu dasbor tunggal dengan metrik dan analitik sehingga SDM dapat dengan mudah memeriksa berbagai keterampilan dan kompetensi yang digunakan oleh kandidat yang berbeda. Kompetensi yang tepat dapat diukur dengan pertanyaan spesifik yang dikumpulkan dari perpustakaan pertanyaan. Ada juga tersedia fasilitas untuk kembali ke wawancara yang direkam yang dapat digunakan untuk referensi silang oleh pemangku kepentingan organisasi yang berbeda.

Mercer | Mettl sedang merevolusi cara wawancara yang dikenal hari ini dan secara efektif menghilangkan bias melalui penggunaan tes aktif standar. Solusi rekrutmen komprehensif dan generasi berikutnya yang ditawarkan oleh merek sejalan dengan dinamika bisnis modern dan tantangan pengusaha, sementara pada saat yang sama membuat proses ini sangat nyaman bagi para kandidat yang dapat mengikuti wawancara ini dari mana saja kapan saja.

Perekrutan karyawan di dunia modern membutuhkan cara yang berbeda untuk memenangkan persaingan dalam mendapatkan akses ke kumpulan bakat yang sama, bakat yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan serta budaya perusahaan. Dengan meningkatnya jumlah tantangan rekrutmen dan lanskap bisnis yang benar-benar berubah, kebutuhan saat ini adalah memiliki solusi perekrutan yang sangat modern dan berteknologi maju yang membantu organisasi memenangkan adu langsung perang bakat.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak