Peretas Dapat Curi Data Pribadi Lewat Chrome dan Firefox

Rabu, 09 Oktober 2019 - 00:01 WIB
Peretas Dapat Curi Data Pribadi Lewat Chrome dan Firefox
Peretas Dapat Curi Data Pribadi Lewat Chrome dan Firefox
A A A
JAKARTA - Beredar kabar tidak menyenangkan bagi pengguna browser Chrome dan Firefox. Pasalnya, ada upaya pencurian data pribadi melalui dua peramban tersebut. Padahal, Chrome dan Firefox adalah pilihan utama mayoritas peselancar dunia maya.

Berdasarkan informasi dari Securelist, Selasa (8/10/2019), sekelompok peretas yang menamakan diri Turla tengah berupaya menyusupi peramban unggulan milik Google dan Mozilla tersebut. Melalui fitur yang terenkripsi, Turla dengan cerdik menyusupi fail sertifikasi keamanan yang diperlukan oleh peramban untuk memantau korbannya.

Turla adalah sekolompok peretas asal Rusia. Nama mereka naik dalam dunia black hat karena menggunakan metode-metode yang terbilang canggih. Salah satu kejahatan mereka adalah berhasil menyusupkan malware pada kolom komentar Instagram milik Britney Spears pada 2017.

Pertama-tama Turla menginfeksi perangkat korban dengan malware sejenis Trojan sebagai pintu masuk mereka. Setelah itu, mereka akan menguasi dan mengacak-acak peramban milik korban.

Setelah peramban berhasil diubah sesuai kebutuhan mereka, malware yang sebelumnya telah melenggang di dalam, secara otomatis memonitor segala koneksi berenkripsi Transport Layer Security (TLS) yang dilakukan saat pengguna menjelajahi situs web. Mudahnya, virus ini mampu memonitor segala traffic pengguna secara pasif.

Tim Securelist menduga, pola Turla yang sengaja memilih peramban sebagai induk dari malware tersebut dalam menginfeksi korbannya, untuk mencegah fail Trojan terhapus bersih oleh antivirus.

Securelist sebagai anak perusahaan dari antivirus Kaspersky telah mengamati pola yang sama ketika komputer dan peramban disusupi virus. Pada umumnya pengguna akan menggunakan malware removal software untuk menghilangkan virus, tetapi melupakan untuk memasang ulang perambannya. Celah tersebut yang dimanfaatkan oleh Turla.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6848 seconds (0.1#10.140)