alexametrics

Data yang Perlu Anda Tahu tentang Pesta Belanja Online 10.10

loading...
Data yang Perlu Anda Tahu tentang Pesta Belanja Online 10.10
Menjelang akhir tahun, kegiatan pesta belanja online bakal sering diadakan oleh e-commerce. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Menjelang akhir tahun akan ada banyak pesta belanja di industri online yang dirayakan secara bergantian setiap bulannya. Biasanya, pesta ini berlangsung mulai September hingga Desember dan jatuh pada tanggal-tanggal cantik. Sebut saja 9.9, 10.10, 11.11, dan 12.12.

Pesta belanja ini tentu telah dinanti-nanti karena memberikan kesempatan berbelanja aneka kebutuhan dan barang impian dengan harga yang diklaim murah. Jika kehabisan dan terlambat di pesta belanja 9.9 lalu, masih ada pesta belanja 10.10 yang akan segera hadir di bulan Oktober.

“CupoNation berkolaborasi dengan Shopee membantu konsumen mengenal lebih dalam tentang pesta belanja online yang dirayakan di Indonesia,” kata Olivia Putri, PR & Marketing Specialist CupoNation.



Berdasarkan volume penelusuran kata kunci 10.10 di tahun 2016-2018, terdapat kenaikan yang signifikan, di mana volume penelusuran di 2017 mengalami tajam yakni 58,24% lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Di tahun lalu hasil volume penelusuran kembali mengalami peningkatan, yakni 9% lebih tinggi dari hasil volume penelusuran di 2017.

Hal ini berarti jumlah masyarakat yang menaruh minat pada pesta belanja 10.10 di Indonesia kian bertambah dan popularitasnya semakin meningkat. Dari data yang berhasil dihimpun oleh Shopee, ada beberapa hal menarik tentang perbandingan pesta belanja online pada puncak kampanye dari beberapa pesta belanja yang diselenggarakan tahun lalu.

“Jumlah kunjungan pengguna platform e-commerce Shopee pada saat pesta belanja online di Indonesia tercatat 14,29% lebih tinggi saat Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional),” ujar Olivia.

Setidaknya ada dua momentum pesta belanja online yang paling menyedot antusiasme masyarakat Indonesia tahun lalu. Keduanya adalah pesta belanja 11.11 atau yang juga dikenal sebagai “single’s day”, serta pesta belanja 12.12 atau disebut dengan “Harbolnas”.

Saat perayaan 2 pesta belanja online terbesar yakni 11.11 yang diselenggarakan pada 11 November dan 12.12 pada 12 Desember 2018, tercatat jumlah kunjungan pada platform e-commerce Shopee mencapai 42 juta pengunjung saat single’s day dan 48 juta pengunjung saat Harbolnas. Maka dapat disimpulkan bahwa, pada puncak kampanye pesta belanja online 12.12 jumlah kunjungan platform e-commerce Shopee 14,29% lebih tinggi dari pesta belanja online 11.11.

Dalam 1 menit jumlah produk Shopee yang terjual mencapai 74.000 produk pada pesta belanja online tahun lalu. Dalam datanya, Shopee juga mengungkap fakta menarik tentang jumlah produk yang berhasil terjual dalam 1 menit saat puncak kampanye pesta belanja online 11.11 dan 12.12.

“Saat gelaran pesta belanja online, jumlah produk yang berhasil terjual mencapai angka 58.000 produk saat singles day and 74.000 produk pada saat Harbolnas. Artinya, jumlah produk yang berhasil terjual dalam 1 menit saat puncak kampanye pesta belanja online Harbolnas 27% tinggi dari Singles day,” tuturnya.

Produk kecantikan menjadi kategori yang paling banyak dicari saat Single’s day, tapi handphone dan aksesoris adalah yang mendominasi saat Harbolnas. Ada sedikit perbedaan dalam kategori paling populer saat gelaran Single’s day dan Harbolnas berlangsung.

Shopee juga menambahkan Xiaomi adalah brand yang paling populer pada saat Harbolnas tahun lalu. Hal ini dapat mengindikasikan jika Shopee memberikan promo lebih tinggi untuk kategori handphone dan aksesoris, terutama pada brand Xiaomi.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak