alexametrics

Tiga Ilmuan Rebut Nobel untuk Pengembangan Baterai lithium-ion

loading...
Tiga Ilmuan Rebut Nobel untuk Pengembangan Baterai lithium-ion
Tiga ilmua dunia dapatkan Nobel. FOTO/DOK Reuters
A+ A-
NEW YORK - Komite Nobel, Rabu (9/10/2019) mengumumkan hadiah USD918.000 akan dibagi secara merata di antara tiga ilmuwan: John Goodenough (97 tahun) dari Amerika Serikat, Stanley Whittingham (77 tahun) dari Inggris dan Akira Yoshino (71 tahun) dari Jepang.


Tiga ilmuwan telah dianugerahi Hadiah Nobel Kimia untuk karya mereka dalam mengembangkan baterai lithium-ion.

“Baterai lithium-ion telah merevolusi kehidupan kita sejak pertama kali memasuki pasar pada tahun 1991,” kata komite itu. “Baterai jenis itu telah menjadi dasar bagi masyarakat nirkabel, tanpa bahan bakar fosil, dan memberikan manfaat terbesar bagi umat manusia.”



Goodenough dianggap pakar top dalam kimia zat padat dan fisika, dan adalah orang tertua yang memenangkan Hadiah Nobel. Whittingham dalam wawancara dengan AP, mengatakan, dia sama sekali tidak menduga bahwa karyanya dari puluhan tahun lalu bisa punya dampak sedemikian besarnya.

Sementara itu di Jepang, Yoshino mengatakan, dia berharap teknologi bisa memungkinkan penerapan lebih besar dari sumber-sumber energi terbarukan

Hadiah Nobel juga diberikan untuk bidang kedokteran dan bidang fisika minggu ini. Hadiah Nobel untuk Sastra akan diumumkan Kamis (10/10) dan Hadiah Nobel Perdamaian pada Jumat (11/10).
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak