alexametrics

Sudah Diuji Ribuan Orang, Inikah Aplikasi yang Selama Ini Kita Tunggu?

loading...
Sudah Diuji Ribuan Orang, Inikah Aplikasi yang Selama Ini Kita Tunggu?
Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini (tengah) saat mengenalkan aplikasi by.U di Jakarta. Foto/Muh Iqbal M/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Setelah diuji oleh ribuan orang, Telkomsel akhirnya resmi meluncurkan by.U, yakni layanan selular prabayar digital pertama di Indonesia yang menyediakan pengalaman digital end-to-end untuk seluruh kebutuhan telekomunikasi.

Manajemen Telkomsel menyatakan, by.U dikembangkan khusus untuk segmen Gen Z di Indonesia. Jumlah mereka saat ini diproyeksikan berjumlah sekitar 44 juta orang dan selalu melakukan semua aktivitas secara online.

“Ada 8.182 beta customers yang menguji by.U. Aplikasi ini saat diluncurkan dalam versi beta bernama Hup. Responsnya sangat baik dan kami juga mendapat masukan dari mereka. Sekarang aplikasi diluncurkan resmi dengan nama by.U,” kata Tribe Leader by.U, Trio Lumbantoruan, saat mengenalkan by.U kepada wartawan di Jakarta, Kamis (10/10/2019).



Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini, mengatakan, selama 24 tahun berjalan, perusahaan telah melayani masyarakat Indonesia melalui ketersediaan jaringan nirkabel terluas di Indonesia, sekaligus menjadi market leader di industri telekomunikasi. Manajemen percaya by.U akan membantu Telkomsel untuk mempertahankan posisi ini untuk generasi selanjutnya.

“Telkomsel akan terus bergerak maju mengakselerasikan negeri melalui produk dan layanan inovatif untuk mengembangkan ekosistem digital yang menyeluruh dan berkelanjutan untuk meningkatkan perekonomian digital Indonesia,” ujar Emma.

Dikatakannya, by.U didesain secara khusus dengan menyesuaikan karakter Gen Z yang mandiri, kreatif, selalu online, dan sangat mengutamakan kebebasan. Karakteristik-karakteristik inilah yang mendasari tiga nilai utama pengembangan by.U yaitu digitalisasi, personalisasi, dan transparansi.
Gen Z, kata dia, merupakan digital native pertama yang selalu menjalani keseharian dengan internet dan smartphone dalam genggaman. Sehingga mereka sudah sangat akrab dengan gaya hidup digital. Mereka juga menyukai pengalaman yang dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan.
“by.U mengakomodasi semuanya dengan layanan terpadu berbasis aplikasi digital, yang sepenuhnya dapat dikustomisasi oleh pelanggannya,” katanya.

Menghadirkan tagline “Semuanya Semaunya”, by.U menggambarkan kebebasan yang diberikan kepada pengguna dalam mengontrol secara penuh layanan-layanan sesuai kebutuhan dan keinginan mereka. Tak hanya itu, semua dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi digital by.U yang ter-install pada smartphone.

Trio Lumbantoruan menjelaskan, pengalaman digital end-to-end yang aplikasi by.U hadirkan meliputi seluruh proses penggunaan layanan. Mulai dari pemilihan opsi pesan antar, nomor telepon by.U, kuota internet, kuota tambahan (topping), hingga pembayaran. “Kuota internet by.U dapat digunakan pengguna dengan bebas selama 24 jam, di semua jaringan Telkomsel (2G, 3G, 4G). Penggunaan kuotanya bisa dipersonalisasi, misalnya mereka yang suka mesdos bisa memperbanyak kuotanya untuk eksis di dunia maya,” tutur Trio.

Lebih jauh dijelaskan Trio, by.U ditunjang customer service yang dapat diakses melalui fitur live chat pada aplikasi dan situs resmi by.U, www.byu.id. Layanan pengguna juga terdapat pada laman Instagram dan Facebook by.U.

Pesan-Antar SIM Card
Trio menginformasikan, by.U menyediakan layanan pesan antar SIM card. Namun pada tahap awal ini baru tersedia di beberapa daerah, yaitu Bogor, Sukabumi, Cianjur, Depok, serta beberapa kampus. Masing-masing di Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjadjaran (Jatinangor), Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Brawijaya. Untuk tahap selanjutnya, layanan pesan antar akan mencakup wilayah yang lebih luas.

“Kehadiran by.U sebagai layanan selular prabayar digital pertama di Indonesia merupakan salah satu bukti nyata transformasi Telkomsel sebagai digital telco company terdepan, yang mengutamakan customer centricity dalam mengembangkan produk dan layanan digital berkualitas bagi pelanggan,” sebutnya.

Ditanya berapat target konsumennya, dia mengatakan, hingga akhir tahun diharapkan diunduh oleh 200.000 orang. "by.U tidak akan mematikan konter-konter pulsa di Indonesia, karena pasarnya berbeda. Aplikasi by.U membidik kaum milenial mau semua transaksinya dilakukan secara mobile. Tapi tak semua yang maunya seperti itu, masih banyak pihak yang ingin dilayani di toko," pungkas Trio.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak