alexametrics

Manusia Pertama yang Berjalan di Luar Angkasa Tutup Usia

loading...
Manusia Pertama yang Berjalan di Luar Angkasa Tutup Usia
Ilustrasi Astronot. FOTO/ Ist
A+ A-
LONDON - Alexei Leonov, orang pertama yang melakukan spacewalk dikabarkan meninggal dunia pada usia 85 tahun. Leonov tutup usia di salah satu rumah sakti di Moskow, Rusia.

Mengutip dari CNN, kabar kematian Leonov secara resmi diumumkan oleh badan antariksa Rusia Roscosmos Space Corporation, pada Jumat lalu (11/10/2019).

Menurut kantor berita Rusia RIA-Novosti, kosmonot yang dinobatkan sebagai pahlawan nasional Rusia ini tutup usia setelah mengalami sakit kronis.



Meskipun Leonov bukan orang pertama yang sampai di bulan, tetapi ia dinobatkan sebagai juara pertama dalam perlombaan antariksa antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Pada 18 Maret 1965, Leonov memulai perjalanan ruang angkasanya yang pertama, dan keluar dari kapsul Voskhod 2 dengan menghabiskan waktu 12 menit di ruang hampa.

Orang Amerika pertama yang berjalan yang melakukan spacewalk, Ed White, baru menyusul aksi Leonov pada bulan Juni di tahun yang sama.

Pada misi Apollo-Soyuz di tahun 1975, Leonov bertemu dengan astronot AS di luar angkasa, dan memberikan tur kepada penonton televisi masing-masing.

Pertemuan keduanya mencatat bahwa untuk pertama kalinya kosmonot Soviet dan AS berkolaborasi di luar angkasa. Misi ini dicatat sebagai awal dari kerja sama internasional di atas stasiun luar angkasa internasional.

Leonov juga dikenal sebagai seniman yang kerap membawa pensil berwarna saat ke luar angkasa. Ia kerap membuat sketsa membuat pemandangan Bumi dari atas sana. Gambar matahari terbitnya dianggap sebagai karya seni pertama yang dibuat di ruang angkasa.

Leonov rencananya akan dimakamkan pada 15 Oktober mendatang, di pemakaman Mytishchi Military Memorial.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak