alexametrics

Tol Langit Rampung, Smartfren Siap Ekspansi 2.000 BTS di Indonesia Timur

loading...
Tol Langit Rampung, Smartfren Siap Ekspansi 2.000 BTS di Indonesia Timur
Ilustrasi internet. FOTO/ Ist
A+ A-
JAKARTA - Jaringan serat optik nasional, Palapa Ring, baru saja diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo. 'Tol langit' ini dibangun demi memperluas jangkauan telekomunikasi di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, terluar).

Untuk itu salah satu operator telekomunikasi Tanah Air, Smartfren, menyebut bahwa pihaknya akan memanfaatkan Palapa Ring demi mengekspansi jaringan di bagian timur Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim. Ia mengatakan bahwa Smartfren setidaknya akan menambah 6.000 base transceiver station (BTS) di seluruh wilayah Indonesia.



Dari jumlah tersebut, 2.000 di antaranya akan difokuskan untuk wilayah Timur Indonesia.

"Kalau barat penambahan kapasitas, kalau timur penambahan wilayah,” kata Djoko saat ditemui di Jakarta, Senin (14/10/2019).

Sekedar informasi, jaringan Smartfren sampai saat ini baru menjangkau hingga wilayah Lombok saja. Penambahan BTS ini diperkirakan akan dioperasikan pada 2020

"Timur masih menunggu penempatan BTS kita. Karena memang Smartfren kalo daerah timur sampai Lombok. Dengan adanya Palapa Ring kita akan mulai awal tahun depan," imbuhnya.

Untuk tarifnya pemanfaatan Palapa Ring, Smartfren mengatakan akan ikut aturan pemerintah. Sebab dana investasin proyek tersebut didanai oleh Universal Service Obligation (USO).

“Itu proyek tetap juga kan, proyek dari USO. Jadi investasinya berasal dari dana yang dikumpulkan dari pelanggan juga. Jadi harusnya tidak terlalu mahal, tapi sehingga bisa dikembalikan dengan tarif yang murah kepada pelanggan juga,” pungkasnya.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak