alexametrics

Ratusan Driver Berlaga di Hino Safety Driving Competition

loading...
Ratusan Driver Berlaga di Hino Safety Driving Competition
Driver mengendalikan truk melintasi jalur zigzag forward dan backward serta reverse parking saat mengikuti Hino Safety Driving Competition, di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (17/10/2019). Foto/Ali Masduki/SINDONews
A+ A-
SURABAYA - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) kembali menggelar Hino Safety Driving Competition di Kota Surabaya, Jawa Timur. Tahun ini merupakan ketiga kalinya even yang diperuntukkan bagi para driver ini digelar di Kota Pahlawan.

Kompetisi ke-27 dengan tema "Membawa Makin Handal Pengemudinya, Makin Aman dan Maksimal Bisnisnya" ini bertujuan untuk memberikan pelatihan, sekaligus diperlombakan dalam hal keselamatan, keamanan dan ketertiban berkendara kepada para pengemudi truk.

Presiden Direktur HMSI, Hiroo Kayanoki, mengatakan, Hino Safety Driving Competition bertujuan mengampanyekan keselamatan berlalu-lintas melalui edukasi terhadap para pengemudi truk dan bus, khususnya Hino.



"Kami selaku Agen Pemegang Merek (APM) Hino bukan cuma menjual produk saja, tapi juga punya tanggung jawab untuk bagaimana menciptakan sumber daya manusia. Khususnya pengemudi yang mengoperasikan truk dan bus merek Hino ini dengan baik dan safety," katanya seusai pembukaan kompetisi, di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (17/10/2019).

Dalam kompetisi ini, lanjut Hiroo, pihaknya juga mendapatkan dukungan dari Kepolisian dan Kementerian Perhubungan. Mereka memberikan materi-materi, pembekalan bagaimana berkendara secara aman dan selamat.Setelah itu dilakukan ujian tertulis tetang materi yang sudah diberikan. Seperti bagaimana berkendara secara efisien, berkendara yang baik dan benar, peraturan lalulintas seperti apa, serta rambu-rambu seperti apa.

Hiroo menjelaskan, Hino Safety Driving Competition terbagi menjadi tiga bagian tes. Pada hari pertama, para pengemudi di test tertulis mengenai keselamatan berkendara seperti daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan tanda rambu-rambu lalu lintas.

Materi ini dianggap sangat penting karena pengecekan kondisi kendaraan secara rutin meminimalkan risiko kecelakaan lalu lintas. Sebab beberapa kasus kecelakaan lalu lintas umumnya disebabkan oleh rem blong, tekanan ban tidak tepat, dan kerusakan kendaraan yang tidak disadari pengemudi.

"Dengan pengecekan rutin, pengemudi dapat menyadari dan mendeteksi adanya kerusakan pada kendaraan, sehingga dilakukan upaya perbaikan sebelum kerusakan semakin parah dan menimbulkan korban," harapnya.

Setelah tes hari pertama, dipilih 10 perwakilan terbaik dari kategori truk kecil atau Dutro dan 10 perwakilan terbaik dari kategori truk sedang yang memiliki nilai tertinggi untuk menjalani tes selanjutnya. Tes lanjutan itu menyangkut inspection test dan skill test berupa zig – zag forward, dan backward serta reverse parking.

"Selain itu khusus untuk kategori truk sedang atau Ranger akan ada tambahan tes ecodriving atau hemat bahan bakar. Dengan tes ini diharapkan pengemudi dapat menerapkannya ketika sedang bertugas dan membantu perusaahaan dalam meraih bisnis yang efisien," paparnya.

Hino Safety Driving Competition Surabaya diikuti oleh 168 pengemudi dari 129 perusahaan dari berbagai macam bisnis yang ada di Jawa Timur. Hino sendiri merupakan market leader medium duty truck di Jawa Timur dengan menguasai pasar sebesar 55,4% selama tahun 2019 berjalan.

Merujuk data Indonesia Defensive Driving Center (IDDC), sebanyak 85% di seluruh dunia kecelakaan disebabkan oleh human error. Sedangkan di Indonesia sendiri mencatat 97%. Crash facts terjadi karena adanya human factor serta defensive factor.

"Maka itu pentingnya seorang pengemudi memahami apa yang dimaksud dengan safety dan defensive driving," pungkasnya.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak