alexametrics

Akun Dibobol, Yahoo Siap Ganti Rugi hingga Rp50 Juta

loading...
Akun Dibobol, Yahoo Siap Ganti Rugi hingga Rp50 Juta
Ilustrasi Hacker. FOTO/ Ist
A+ A-
MENLO PARK - Pengguna Yahoo kini dapat mengajukan ganti rugi jika menjadi korban peretasan. Perusahaan telah menyiapkan dana sebesar USD117 juta atau sekitar Rp1,65 triliun untuk penggantian.

Pegantian dikhususkan bagi pengguna yang telah memiliki akun Yahoo antara 1 Januari 2012 dan 31 Desember 2016. Termasuk akun surel atau akun Yahoo Fantasy Sports, Yahoo Finance, Tumblr dan Flickr.

Mengutip laman Usa Today, untuk pengguna yang merasa dirugikan, dapat mengajukan klaim melalui situs yahoodatabreachsettlement.com untuk menerima dua tahun layanan kredit gratis dari AllClear ID.



Namun, pergantian ini bukan untuk pengguna di seluruh dunia, tetapi hanya berlaku di Amerika Serikat dan Israel saja. Proses pergantian juga tidak serta merta didapat oleh semua pengguna di sana, hanya pemilik akun yang berhasil memverifikasi bahwa mereka menggunakan layanan pemantauan kredit.

Besaran klaim yang dapat diajukan beriksar USD100 atau sekitar Rp1,4 juta hingga USD358 atau sekitar Rp50,6 juta. Jumlahnya tergantung dari berapa orang yang nantinya mengajukan klaim.

Batas waktu pengajuan klaim ini hingga 20 Juli 2020. Prosesnya juga membutuhkan waktu lebih dari satu tahun. Dan setiap laporan klaim akan terlebih dahulu diuji oleh pengadilan California.

Pada 2016 lalu, Yahoo mengumumkan bahwa perusahaan mengalami pencurian data hingga 1 miliar pengguna pada 2013. Setahun kemudian, Yahoo merevisi angka tersebut menjadi 3 miliar pengguna.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak