alexametrics

Pertama Kali dalam Sejarah, Dua Astronot Perempuan Lakukan Spacewalk

loading...
Pertama Kali dalam Sejarah, Dua Astronot Perempuan Lakukan Spacewalk
Ilustrasi Astronot. FOTO/ Ist
A+ A-
MOUNTAIN VIEW - Astronot adalah pekerjaan yang tidak mudah. Sering kali mereka dituntut untuk melakukan spacewalk dalam menjalankan tugas tertentu. Kali ini ada yang menarik dari astronaut yang dimiliki NASA. Untuk pertama kalinya, spacewalk di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dilakukan oleh kru yang sepenuhnya perempuan.

Perempuan beruntung itu adalah astronaut NASA bernama Christina Koch dan Jessica Meir yang berhasil mencatatkan sejarah sebagai kru peremuan pertama yang keluar dari stasiun.

Christina dan Jessica ditugaskan untuk memperbaiki bagian luar pesawat selama lima hingga enam jam. Pekerjaan yang mempertaruhkan nyawa ini dilakukan pada Jumat pekan lalu, pukul 8 pagi waktu setempat.



Dalam laman resminya, NASA menampilkan video aktivitas kedua perempuan pemberani itu. Christina mengenakan seragam bergaris merah, dan kamera helmnya merekam video bertanda 18. Sedangkan Jessica yang baru pertama kali spacewalk, tidak memiliki garis sama sekali di seragamnya. Rekaman Jessica memiliki tanda 11.

Mengutip dari Vice, ketika spacewalk, keduanya ditugaskan untuk mengganti charger baterai yang bermasalah, dan mempersiapkan suku cadang bagian luar stasiun untuk kegiatan Extravehicular (EVA) selanjutnya.

EVA dilaporkan sudah dilakukan 221 kali di luar ISS. Tetapi ini yang pertama kalinya dalam sejarah, kru perempuan melakukan spacewalk.

Andrew Morgan, seorang astronaut NASA lainnya mengaku bangga dengan pencapaian Christina dan Jessica. Mereka menjalani pelatihan bersama sejak melewati proses seleksi pada 2013. “Sekarang mereka membuat sejarah dengan spacewalk,” kata Drew, melalui akun Twitter miliknya.

Video siaran langsung yang ditayangkan NASA ternyata menarik perhatian publik. Sudah ribuan orang yang ingin melihat momen bersejarah ini. Badan antariksa asal AS ini juga responsif menjawab segala pertanyaan yang diajukan. NASA menjawab semua pertanyaan tersebut melalui akun Twitter resminya dengan menggunakan tagar #AskNASA.

NASA juga membagikan hasil wawancara dengan Christina belum lama ini. Menurut Christina, spacewalk pertama yang dilakukan oleh kru perempuan adalah tonggak sejarah yang patut dicatat dan dirayakan.

“Prestasi kami memberikan inspirasi kepada siswa di seluruh dunia. Hal ini membuktikan bahwa kerja keras dapat membawa Anda ke ketinggian, dan semua siswa harus dapat melihat diri mereka dalam prestasi itu,” kata Christina.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak