alexametrics

Seperti Ini Wujud Dealer Ramah Lingkungan Masa Depan Mitsubishi

loading...
Seperti Ini Wujud Dealer Ramah Lingkungan Masa Depan Mitsubishi
Terletak di pusat bisnis elite Tokyo, MI-Garden Ginza by Mitsubishi berdiri sama jumawanya dengan toko-toko fashion kelas tinggi yang ada di Ginza. Foto/Wahyu Sibarani/KORAN SINDO
A+ A-
TOKYO - Apa yang terlintas di benak Anda saat membayangkan sebuah dealer mobil? Bayangan di benak Anda pasti tergambar sebuah ruangan dealer yang dipenuhi dengan peralatan mekanis dan deretan sparepart mobil.

Namun hal itu sama sekali tidak terlihat saat KORAN SINDO diajak oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengunjungi MI-Garden Ginza by Mitsubishi. Tempat ini jauh dari bayangan dealer konvensional yang ada di benak kita selama ini.
Seperti Ini Wujud Dealer Ramah Lingkungan Masa Depan Mitsubishi

Terletak di pusat bisnis elite Tokyo, MI-Garden Ginza by Mitsubishi berdiri sama jumawanya dengan toko-toko fashion kelas tinggi yang ada di Ginza. Saat pertama kali masuk ke MI-Garden Ginza by Mitsubishi pengunjung langsung mendapati sebuah kafe yang menyediakan berbagai menu menarik.Fasilitas berlantai dua itu hadir dengan konsep yang minimalis. Saat KORAN SINDO datang hanya dipamerkan dua buah mobil di MI-Garden Ginza by Mitsubishi yaitu Mitsubishi Delica D5 All Blacks dan Mitsubishi Outlander PHEV.
Seperti Ini Wujud Dealer Ramah Lingkungan Masa Depan Mitsubishi

Khusus untuk Mitsubishi Outlander PHEV ditempatkan di posisi yang berbeda yakni di luar berdekatan dengan jalan umum Ginza. Mobil itu justru jadi alat demonstrasi konsep Dendo Drive House yang tengah ditawarkan oleh Mitsubishi baru-baru ini.

Dendo Drive House merupakan sistem pengolahan energi terbarukan dengan menggunakan panel surya dan Mitsubishi Outlander PHEV sebagai alat utama. Selain dapat menggunakan energi listrik yang dihasilkan panel surya sebagai energi penggerak, Mitsubishi Outlander PHEV juga dapat menyalurkan energi listrik itu ke bangunan atau rumah. Dalam hal ini, bangunan itu adalah gedung MI-Garden Ginza by Mitsubishi.
Seperti Ini Wujud Dealer Ramah Lingkungan Masa Depan Mitsubishi

“Dengan cara ini kami dapat menghemat biaya penggunaan listrik hingga 15%. Ada beberapa bagian dari gedung ini menggunakan listrik yang dihasilkan melalui konsep Dendo Drive House,” ujar Fumito Ueyanagi Director of MI-Garden Ginza by Mitsubishi.



Fumito bahkan meminta beberapa staf MI-Garden Ginza by Mitsubishi membuat kue dan kudapan dengan menggunakan energi listrik yang tersimpan di Mitsubishi Outlander PHEV.

Tadahiro Togami, Manager of EV Solution Dept Mitsubishi Motors mengatakan Mitsubishi Outlander PHEV memiliki dua metode dalam penyaluran energi listrik yakni Charging dan Discharging. Charging dilakukan dengan menggunakan slot colokan yang ada di Mitsubishi Outlander PHEV ke berbagai peralatan rumah tangga. Energi listrik yang disalurkan berupa arus AC sebesar 1,5 KW. Sementara kedua adala Discharging dimana penggunaannya dilakukan dengan menggunakan colokan standar Jepang, Chademo. Besaran arus DC yang mencapai 10 kw itu kemudian dapat dialirkan ke gedung atau rumah.
Seperti Ini Wujud Dealer Ramah Lingkungan Masa Depan Mitsubishi

“Ke depannya Mitsubishi berencana melakukan yang lebih besar lagi yakni mencoba mensuplai saluran listrik udara melalui kerjasama ratusan Mitsubishi Outlander PHEV. Namun saya belum bisa mengatakan kapan itu akan kita umumkan,” jelasnya.

Kemampuan teknologi itulah yang coba dikenalkan oleh Mitsubishi di MI-Garden Ginza by Mitsubishi. Jadi dealer tidak semata-mata hanya berfungsi untuk kepentingan komersial semata. Dealer juga bisa dijadikan sarana atau tempat untuk menunjukkan kepada masyarakat akan perkembangan teknologi yang telah mereka capai dan bukti kepedulian pada lingkungan.

Buktinya tahun depan Mitsubishi berencana akan menambahkan Dendo Drive House di semua dealer mereka yang ada di Jepang. Mereka berharap nantinya dengan pengenalan metode tersebut melalui dealer, masyarakat Jepang dapat mengurangi beban biaya listrik mereka dengan mencoba menggunakan metoda Dendo Drive House.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak