alexametrics

Review realme XT, Penerus realme X dengan 64MP Quad Camera Xpert

loading...
Review realme XT, Penerus realme X dengan 64MP Quad Camera Xpert
Bicara kemampuan fotografinya, realme XT bisa dibilang memiliki kekuatan super. Sebab, realme XT sudah menggunakan sensor 64 MP di bagian belakang. Foto/Muh Iqbal M/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Tak butuh waktu lama bagi realme Indonesia untuk merilis jagoan terbarunya. Secara resmi, hari ini akhirnya realme merilis realme XT ke pasar Indonesia yang merupakan penerus dari realme X yang sudah menuai kesuksesan.

Handphone realme XT yang memiliki slogan 64MP Quad Camera Xpert mengusung beragam fitur unggulan khas realme. Misalnya, layar Super AMOLED, teknologi quad camera, Snapdragon 712, hingga VOOC Flash Charge 3.0.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai keunggulan realme XT, simak ulasan SINDOnews selama menggunakan realme XT kurang lebih dua pekan.



Sisi Desain
Review realme XT, Penerus realme X dengan 64MP Quad Camera Xpert

Mengusung konsep desain yang disebut hiperbola banyak digunakan di bidang matematika, arsitektur, dan astronomi. Hal itu menimbulkan efek garis yang unik di bodi belakang ketika terkena pantulan cahaya.

Smartphone ini menggabungkan elemen-elemen pada 3D hot bending Gorilla Glass 5 untuk desain visual yang elegan dan menarik. Ponsel realme XT memiliki dua pilihan warna, Pearl White dan Pearl Blue. Alhasil, bodi belakang dan depan tetap terjaga.

Bacara soal dimensi, realme X memiliki ketebalan bodi yang mencapai 8,6 mm dan ukuran layar 6,4 inci beresolusi 1.080 x 2.340 piksel. Dengan dimensi seperti itu, realme XT masih nyaman digenggam oleh tangan pengguna.

Tak sekadar layar lapang, realme XT juga sudah menggunakan panel Super AMOLED resolusi FHD+. Dengan layar jenis tersebut, kami tidak kesulitan untuk menggunakan realme XT di luar ruangan. Warna layarnya pun tidak membuat mata cepat Lelah.

Untuk tombol dan slot, di sisi bagian kanan terdapat tombol power sedangkan di sisi bagian kiri tampak slot SIM card dan juga tombol volume. Untuk tray SIM card dapat digunakan pula untuk MicroSD.

Performa Mumpuni
Review realme XT, Penerus realme X dengan 64MP Quad Camera Xpert

Untuk mendukung inti pemrosesan, realme membawakan XT Qualcomm Snapdragon 712 AIE. Chipset ini menggunakan proses fabrikasi 10nm dan meningkatkan kecepatan clock menjadi 2,3 Ghz, yang mengarah pada 10% peningkatan kinerja keseluruhan dan 35% peningkatan kinerja grafis dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Chipset Snapdragon 712 AIE dikombinasikan dengan aspek memori yang baik. Untuk memori, realme XT memiliki varian RAM 4 GB/ROM 128 GB dan 8 GB/128 GB. Untuk perangkat yang dites yakni varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB.

Demi membuktikan kehandalan chipset Snapdragon 712 AIE di realme XT, kami menggunakan dua aplikasi benchmark yakni Geekbench dan AnTuTu. Dalam pengujian AnTuTu didapatkan skor 220.057, sedangkan pengujian Geekbench didapatkan skor 314 untuk single-core dan 1.496 untuk multi core.

Pengujian gaming juga berjalan lancar tanpa kendala. Dalam pengujian, game yang kami gunakan adalah PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile. Kedua game mampu dieksekusi oleh realme XT secara maksimal.

Dalam pengujian sehari-hari, realme XT mampu menunjang aktivitas multitasking secara baik. Proses perpindahan antar aplikasi berjalan lancar tanpa lag. Hal ini tentu saja memudahkan pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.

Nah kalau soal software, realme XT menggunakan ColorOS 6 yang berbasis Android 9 Pie. Fitur yang ditawarkan ColosOS 6 ini terbilang lengkap, seperti Game Space, Smart Driving dan Smart Riding, realme Share, App Management, Clone Apps, App Split-Screen dan Smart Sidebar hadir di realme XT ini.

Pengguna juga tidak perlu khawatir kehabisan daya dengan cepat karena realme XT sudah didukung baterai berkapasitas 4.000 mAh. Dengan kapasitas baterai seperti ini, realme XT mampu menyala nyaris seharian untuk penggunaan secara normal.

Baterainya juga sudah didukung sistem pengisian canggih, yakni VOOC Flash Charge 3.0. Sistem pengisian ini dapat mengisi baterai dalam keadaan 10% hingga penuh dalam kurun waktu sekitar 80 menit.

Kebisaan Kamera
Review realme XT, Penerus realme X dengan 64MP Quad Camera Xpert

Bicara kemampuan fotografinya, realme XT bisa dibilang memiliki kekuatan super. Sebab, realme XT sudah menggunakan sensor 64 MP di bagian belakang. Sensor 1/1.72" GW1 64 MP ultra-besar, 34% lebih besar dari sensor 48 MP dan fitur binning piksel cerdas 4-in-1, aperture besar f/1.8, serta lensa 6P dengan kemampuan menangkap cahaya yang superior, memberikan realme XT kemampuan fotografi tingkat flagship.

Di bodi belakangnya juga terdapat lensa ultra-wide 8MP dengan sudut 119 derajat, lensa ultra-macro 2MP, dan lensa portrait 2MP. Ketiga kamera tersebut menjadi pelengkap quad camera di realme XT yang mumpuni.

Sementara di bagian depan terdapat kamera 16 MP yang sudah diperkuat oleh sensor Sony IMX471. Terdapat pula, Chroma Boost dan Nightscape yang akan meningkatkan pengalaman fotografi pengguna ke level berikutnya.

Dalam pengujian di luar ruangan, kamera realme XT mampu menangkap kekayaan warna dan detil secara baik dari sebuah objek. Apresiasi lebih perlu diberikan saat foto di malam hari, karena hasilnya memuaskan.
Review realme XT, Penerus realme X dengan 64MP Quad Camera Xpert

Dengan kehadiran sistem pengisian baterai super cepat, lensa Sony 64 MP, VOOC Flash Charge 3.0, dan in-display fingerprint membuat realme XT adalah smartphone terlengkap di rentang harga Rp3 juta-4 juta.

Pabrikan realme juga menjamin realme XT tidak akan ghaib di pasar. Sebab, konsumen setia realme sudah dapat membeli realme XT tepat di hari peluncuran (Rabu, 23/10/2019) melalui sistem pembelian cepat (flash sale).
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak