alexametrics

Kelebihan Teknologi Smarthome Mampu Berikan Kenyamanan

loading...
Kelebihan Teknologi Smarthome Mampu Berikan Kenyamanan
Kelebihan Teknologi Smarthome Mampu Berikan Kenyamanan. (Istimewa).
A+ A-
SELAIN ditinggali bersama keluarga, Anda bisa menjadikan smarthome sebagai portofolio investasi Anda. Sebelum memutuskannya sebagai investasi properti Anda, kenali dahulu keunggulan dari sebuah rumah pintar.

Pertama, mengontrol keadaan rumah setiap saat. Meskipun Anda harus meninggalkan rumah selama berhari-hari, Anda tak perlu risau. Seperti namanya, rumah pintar, maka kemampuan untuk memproteksi isi ruangan tak perlu diragukan.

Beberapa pengembang mengaplikasikan teknologi pada rumah Anda yang memungkinkan untuk membuka dan menutup tirai melalui komputer atau gadget Anda. Untuk keamanan, Anda juga dimungkinkan memantau rumah melalui kamera pengawas (CCTV) yang dipasang di beberapa sudut ruangan.



Dengan begitu Anda bisa mengontrolnya setiap saat. Keunggulan kedua, keamanan sangat terjamin. Adanya smarthome bisa jadi meminimkan tingkat pencurian. Pasalnya, ada beberapa smarthome yang dibenamkan pintu berbasis teknologi.

Bukan lagi mengandalkan kunci sebagai jalan pembuka lubang pintu, melainkan sudah menggunakan kartu, sidik jari, atau password. Artinya, hanya si penghuni rumah yang bisa mengakses untuk masuk ke dalam rumah.

Di samping itu, Anda bisa melihat wajah tamu secara yang berkunjung ke rumah secara close up melalui tablet yang terkoneksi dengan kamera.

Bukan cuma itu, Anda pun bisa melakukan interaksi dengan mereka. Dan jika Anda merasa bahwa ada tamu tak diundang sedang berdiri di depan rumah Anda, bisa langsung menghubungi kantor polisi lewat peranti yang terpasang di smarthome.

Selanjutnya keuntungan smarthome adalah kendali dalam satu perangkat. Mau menyalakan lampu ruang tamu tapi Anda malas beranjak dari tempat tidur? Atau mau mengaktifkan air conditioner saat masih berada di jalan menuju pulang? Semua bisa Anda lakukan hanya dalam satu genggaman. Pada konsep smarthome, segala pengaturan produk elektronik mulai dari televisi, DVD, sound system, hingga lampu akan dikendalikan dalam sebuah gadget.

Anda cukup mengontrolnya sehingga tidak perlu khawatir dengan jumlah remote yang banyak. Keempat, alarm setiap agenda penting. Anda termasuk orang yang pelupa karena banyak sekali jadwal meeting yang harus dijalani selama seminggu? Nah, konsep smarthome ini membantu Anda untuk mengingat setiap agenda yang telah Anda rencanakan.

Karena terhubung dengan gadget, Anda bisa mengaplikasikan agenda untuk ditampilkan di kaca atau disebut smart mirror. Bukan hanya itu saja smart mirror berfungsi menampilkan animasi tampilan padu-padan pakaian untuk memilih baju secara virtual.

Smart mirror sendiri terbuat dari layar LED ataupun touch screen. Keunggulan lainnya adalah fasilitas hiburan yang modern. Konsep rumah pintar ini benar-benar menyuguhkan kenyamanan dan keamanan dan sang penghuni. Bahkan ada pula pengembang yang menawarkan fasilitas hiburan bermain game secara virtual di dalam rumah.

Hanya dengan menggunakan sebuah kacamata yang terhubung dengan peralatan, Anda sudah bisa bermain secara tiga dimensi. Sehingga, Anda pun bakal menjalani sebuah permainan layaknya di dunia asli. Keunggulan keenam yakni ramah lingkungan dan energi. Ternyata konsep rumah pintar ini juga menjunjung tinggi ecogreen atau ramah lingkungan.

Seperti yang diterapkan oleh PT Dalea Nusantara Mandiri pada rumah pintar miliknya di Platara @Pondok Pinang. Demi mengusung efisiensi energi untuk kehidupan yang berkelanjutan, rumah pintar di sini dibekali sistem penampungan air hujan sebagai alternatif dari penyedotan air tanah.

Bahkan Anda bisa meminum air secara langsung berkat teknologi Reverse Osmosis system. Selain itu untuk kebutuhan listrik sehari-hari, rumah ini memanfaatkan tenaga surya. Hasilnya, penggunaan listrik PLN bisa dihemat 10% hingga 20%. (Rendra Hanggara)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak