alexametrics

Terungkap! Alasan Keamanan, Militer AS Masih Pakai Disket

loading...
Terungkap! Alasan Keamanan, Militer AS Masih Pakai Disket
Ilustrasi Hacker. FOTO/ Ist
A+ A-
NEW YORK - Pada 2014 lalu, terungkap bahwa Angkatan Udara AS masih menggunakan floopy disk atau disket pada salah satu sistem komputernya. Sistem ini dapat menerima perintah presiden untuk meluncurkan rudal nuklir dari seluruh wilayah di Amerika Serikat.

Tapi disket berukuran 8 inci ini sudah tidak lagi digunakan. Lembaga pertahanan ini telah membuang floopy disk dan menggantinya.

Mengikutip dari C4isrnet, Letnan Kolonel Jason Rossi, Komandan Skuadron Komunikasi Strategis 595 Angkatan Udara AS mengatakan, lembaga pertahanan AS kini telah beralih ke solid state digital storage sejak Juni lalu.



Pemerintah AS beralasan, penggunaan disket karena faktor keamanan. Pasalnya, komputer dan disket tidak bisa diretas karena tidak memiliki alamat IP (internet protocol). “Perangkat tersebut punya sistem yang unik. Sistemnya sangat baik meski umurnya tua,” kata Rossi.

Disket digunakan pada komputer IBM Series/1 yang dibuat sekitar tahun 1970 dan didukung dengan perangkat lunak “percakapan internal” khusus bernama Strategic Automated Command and Control System (SACCS).

Perombakan sistem lama ini sudah direncakan sejak 2016 lalu. Perubahan itu diprediksi rampung pada sekitar akhir 2017. Namun, karena sudah lewat dari target, tidak dijelaskan apakah pembaruan tersebut sudah diselesaikan atau belum.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak