Ketika Kei Car Dilengkapi Radar dan Kamera Monocular

Sabtu, 26 Oktober 2019 - 18:21 WIB
Ketika Kei Car Dilengkapi Radar dan Kamera Monocular
Ketika Kei Car Dilengkapi Radar dan Kamera Monocular
A A A
TOKYO - Honda N-Box adalah mobil terlaris di Jepang. Tidak hanya no 1 di segmen kei car (mobil bermesin 660 cc), juga no 1 di penjualan mobil secara keseluruhan. Selama 2018, misalnya, penjualan Honda N-Box mencapai 241,870 unit, naik 11 persen dari 2017. N-Box adalah mobil yang paling diminati di Jepang.Walau harganya lebih terjangkau dan mesinnya lebih kecil, tapi soal keselamatan Honda tidak main-main. Honda N-Box sudah dilengkapi teknologi keselamatan Honda Sensing. Tepatnya, Collision Mitigation Braking System (CMBS).

CMBS memungkinkan Honda N-Box melakukan pengereman mendadak jika mendeteksi obyek di depannya. Baik mobil, pejalan kaki, bahkan kendaraan dari arah berlawanan.

Di grill depan Honda N-Box sudah dibenamkan radar milimeter wave. Sertakamera monocular di depan kaca spion tengah. Radar dan kamera mendeteksi mobil serta pejalan kaki yang ada di depan.
Nah, cara mengujinya adalah dengan ”menabrakkan” mobil di kecepatan 30 km perjam tanpa menginjak rem menuju halangan mobil dari stereofoam. Teorinya, Honda Sensing di Honda N-Box akan mendeteksi obyek di depan dan melakukan pengereman mendadak (hard braking).
Mulanya memang cukup menakutkan untuk sepenuhnya percaya pada mobil bermesin L3 DOHC Turbo dengan tenaga 47 ps/6.000 rpm ini. Memang terasa menakutkan ketika dengan sengaja menabrakkan mobil ke sebuah obyek.

Tapi, harus dilihat bahwa sebenarnya CMBS ini adalah driving assist. Artinya, fitur ini akan aktif otomatis ketika pengemudi sedang lengah atau tidak sadar.

Dan saya sendiri sudah pernah mencoba fitur CMBS ini di All New Honda Accord. Jadi sudah pernah merasakan bagaimana sistem tersebut berkerja dan berguna.

Mobil dilakukan ke kecepatan 30 km perjam. Kemudian lepas gas dan biarkan mobil mengarah ke halangan. Beberapa meter dari obyek halangan sensor Honda Sensing langsung berkedip-kedip cepat untuk memberi peringatan.

Kemudian radar dan kamera CMBS segera memerintahkan modulator VSA melakukan pengereman mendadak hingga mobil berhenti tepat 1 meter di depan halangan. Bayangkan ketika kita pengemudi lengah dan tidak menyadari mobil di depannya. Betapa fitur ini akan sangat bermanfaat.

”Kami terus mengupayakan safety for every one, dimana di jalan tidak ada kecelakaan dan konsumen bisa aman,” ujar Makoto Otabe, dari Honda R&D Jepang. Dengan dibenamkannya Honda Sensing di Honda N-Box menunjukkan komitmen Honda terhadap keselamatan di kendaraan mereka.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8812 seconds (0.1#10.140)