Demi Kesehatan, OmniVision Ciptakan Kamera Sebesar Butiran Pasir

Minggu, 27 Oktober 2019 - 19:02 WIB
Demi Kesehatan, OmniVision Ciptakan Kamera Sebesar Butiran Pasir
Demi Kesehatan, OmniVision Ciptakan Kamera Sebesar Butiran Pasir
A A A
NEW YORK - Kamera sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat di era digital saat ini. Dengan kamera, hal-hal indah dan meranik bisa ditangkap melalui foto atau video.

Kamera terkecil yang umum saat ini adalah kamera yang terpasang pada ponsel pintar. Ukurannya yang tidak sebesar kamera profesional seperti DSLR (digital single-lens reflex), tetapi tidak kalah dalam hal menghasilkan kualitas gambar.

Namun, ternyata ada kamera yang jauh lebih kecil dari kamera ponsel. Saking kecilnya, volume kamera tersebut tidak mencapai 1 milimeter. Dari laporan Ubergizmo, kamera ini hanya sebesar butiran pasir.

Namanya kamera OV6948 OmniVision yang memiliki ukuran 0,575 x 0,575 x 0,232 milimeter. Kamera super imut ini dapat menghasilkan gambar berwarna 40 ribu piksel, dengan chip RGB backside-illuminated RGB Bayer.

OmniVision diciptakan bukan untuk fotografi objek, melainkan sengaja dibuat untuk kebutuhan medis. Kamera ini digunakan untuk membantu ahli bedah mengambil gambar dari organ dalam tubuh.

Konsumsi daya OmniVision juga lebih rendah dari kamera pada umumnya. Dengan begitu, panas yang dihasilkan oleh kamera ini jauh lebih kecil. Tentu tidak membuat pasien merasa tidak nyaman ketika kamera masuk ke dalam tubuhnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3556 seconds (0.1#10.140)