Penjualan Turun Drastis di Q2 2020, Samsung Klaim Urutan Pertama

Kamis, 27 Agustus 2020 - 08:21 WIB
loading...
Penjualan Turun Drastis di Q2 2020, Samsung Klaim Urutan Pertama
Laporan terbaru dari TrendForce memperkirakan produksi smartphone global mencapai 268 juta unit pada Q2 (kuartal kedua) 2020. Produksi itu mengakibatkan penurunan 16,7% YoY (tahun ke tahun) dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Wabah COVID-19 membuat industri smartphone global secara keseluruhan melambat karena pabrik dan toko ritel tutup . Ini menyebabkan penundaan besar-besaran dalam rantai pasokan dan penjualan pun dalam bahaya. (Baca juga: Laris Manis di Tengah Pandemi, Huawei Halus Geser Samsung )

Laporan terbaru dari TrendForce memperkirakan produksi smartphone global mencapai 268 juta unit pada Q2 (kuartal kedua) 2020. Produksi itu mengakibatkan penurunan 16,7% YoY (tahun ke tahun) dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu.

Di antara enam merek handphone teratas secara global, Samsung adalah satu-satunya merek yang mengalami penurunan di Q2 2020. Tentu saja, merek juga menjadi top seller di kuartal ini. Untuk memulai dengan unit yang paling banyak terjual, merek teratas adalah Samsung, Huawei, Apple, Xiaomi, Oppo, dan vivo.
Penjualan Turun Drastis di Q2 2020, Samsung Klaim Urutan Pertama

Penurunan Samsung disebabkan oleh penurunan penjualan di pasar yang paling terpengaruh oleh COVID-19, termasuk Eropa, Amerika Serikat, dan India. TrendForce mengantisipasi Samsung akan memulihkan pangsa pasar dari Huawei karena larangan AS dan meningkatnya ketegangan antara China dan India terus mengganggu kestabilan bisnis smartphone Huawei.

Laman Giz China menuliskan, Huawei terus mengandalkan penjualan di pasar asalnya yakni China dengan menjual 52 juta unit pada Q2 2020. Raksasa manufaktur dunia itu akan menghadapi lebih banyak persaingan karena merek smartphone memperkenalkan flagship antara sekarang dan akhir tahun.
Penjualan Turun Drastis di Q2 2020, Samsung Klaim Urutan Pertama

Sekali lagi, Huawei telah merasakan penurunan tajam dalam penjualan di pasar ponsel pintar utama di luar China sejak larangan awal AS pada 2019.

Apple juga mengalami kuartal yang hebat, naik 8% YoY menjadi 41 juta unit berkat surplus penjualan dari pengumuman mengejutkan iPhone SE yang telah lama tertunda dan penjualan yang kuat dari iPhone 11. Menyongsong ke arah kuartal ketiga (Q3), Apple akan meluncurkan sebuah jajaran iPhone 12 yang dinantikan pasar. Meski begitu, harganya diperkirakan bakal naik lantaran mendukung jaringan 5G.
Penjualan Turun Drastis di Q2 2020, Samsung Klaim Urutan Pertama

Kemungkinan larangan AS terhadap TikTok dan Tencent - pemilik WeChat, juga dapat sedikit memengaruhi penjualan iPhone di beberapa pasar.

Sementara itu, Xiaomi menempati peringkat keempat dengan penjualan 29,5 juta unit dan Oppo (termasuk Realme, OnePlus, dan Oppo) di peringkat kelima dengan 27,5 juta unit. Merekl vivo berada di urutan keenam dengan 26,5 juta unit.
Penjualan Turun Drastis di Q2 2020, Samsung Klaim Urutan Pertama

Pengecer di China secara agresif menimbun handphone saat pandemik dimulai, sehingga menghasilkan peningkatan QoQ (kuartal ke kuartal) 10% pada merek-merek China ini. Pabrikan-pabrikan ini terus memperkuat penawaran entry-level mereka di pasar luar negeri di mana mereka dapat memperoleh pijakan, sehingga pada akhirnya menjual ponsel kelas menengah dan atas di pasar lebih global.

Menurut laporan tersebut, pasar secara keseluruhan berharap rebound produksi pada 2021 dengan peningkatan tajam unit 5G. Ya, handphone 5G akan tiba dengan harga unit yang lebih murah selama beberapa bulan ke depan. Ini sejalan dengan solusi chip 5G kelas bawah yang ditawarkan oleh Qualcomm dan MediaTek.

TrendForce sendiri memproyeksikan 1,24 miliar smartphone akan diproduksi pada akhir 2020. Atau turun 11,3% dibandingkan tahun lalu. (Baca juga: Kemenkeu Mencatat Defisit APBN Terus Melebar )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)