NCV Project, Mobil Sport Unik Dibuat dari Serpihan Kayu

Kamis, 31 Oktober 2019 - 10:37 WIB
NCV Project, Mobil Sport Unik Dibuat dari Serpihan Kayu
NCV Project, Mobil Sport Unik Dibuat dari Serpihan Kayu
A A A
Tokyo Motor Show (TMS) 2019 jadi tempat mobil-mobil unik. Selain mobil dengan dapur berjalan dan mobil sport berukuran mini ada juga mobil sport yang dibuat dari serpihan kayu. Nama mobil itu adalah NCV Project yang merupakan singkatan dari Nano Cellulose Vehicle (NCV) Project.

Mobil ini merupakan mobil kolaborasi studi dari 22 perusahaan penyuplai parts automotif dan universitas di Tokyo. Kolaborasi itu diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Jepang dan Universitas Kyoto. Saat itu inisiasi dilakukan untuk mengetahui fungsi laindari cellulose nanofiber untuk industri automotif.

Diketahui cellulose nanofiber atau nanoserat selulosa adalah materi yang biasa ditemui di serat kayu. Nah NCV Project dibuat dari serat kayu yang diambil dari serpihan kayu bekas industri. Seluruh serpihan kayu itu dikumpulkan kemudian dijadikan sebagai materi utama pembuatan mobil NCV Project. Dari proyek itu ingin diketahui apakah serpihan kayu layak atau tidak sebagai materi utama pembuatan mobil.

Memang hampir seluruh bagian mobil ini dominan terbuat dari kayu. Misalnya badan mobil hingga interior. Meski terbuat dari kayu mereka mengklaim kekuatan kayu justru lebih baik 1/5 dari materi baja yang biasa digunakan dalam membuat mobil.

Hanya saja mereka tidak menyebutkan spesifikasi teknis mobil ini. NCV Project hanya diklaim digerakkan oleh teknologi fuel cell dan hanya bisa berjalan maksimal 20 kilometr per jam. Namun desain mobil ini justru sangat menarik karena sangat mirip dengan mobil sport buatan Italia.

Penggunaan pintu gunting bahkan membuat NCV Project terlihat eksotis. Disebutkan desainer mobil ini adalah Yuzo Niimi dari Toyota Customizing & Development yang juga merupakan salah satu anggota konsorsium.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9424 seconds (0.1#10.140)