alexametrics

Awas, Ada Cumi-cumi Berukuran Raksasa Mengintai Anda di Laut Dalam

loading...
Awas, Ada Cumi-cumi Berukuran Raksasa Mengintai Anda di Laut Dalam
Tampak gambar cumi-cumi raksasa mengawasi Deep Discoverer di laut dalam di AS. Gambar tersebut dibagikan National Oceanic and Atmospheric (NOAA). Foto/NOAA via DailyMail
A+ A-
WASHINGTON - Kehidupan perairan laut dalam masih menjadi misteri. Yang jelas, di sana hidup binatang berukuran raksasa.

Keberadaan binatang raksasa itu diungkap oleh National Oceanic and Atmospheric (NOAA). Mereka baru saja membagikan gambar kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh, Deep Discoverer, sedang diawasi oleh cumi-cumi raksasa.

Cumi-cumi itu terlihat "mengintai" dan "merayap" di atas Deep Discoverer yang menjelajahi lereng bawah laut yang curam. Penemuan ini dibuat selama misi operasional Explorer Okeanos, yang memetakan area daerah perairan dalam yang tidak diketahui di bagian tenggara AS.



"Lihat cumi-cumi laut dalam yang mengintai ini, terlihat merayap di atas kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh, Deep Discoverer (D2) ketika kendaraan mengeksplorasi permukaan fitur curam," tulis National Oceanic and Atmospheric Administration dalam posting Facebook-nya seperti dilansir dari laman DailyMail.

"Pernah merasa kamu diawasi ?! Untung D2 menjaga Seirios berjaga," tulis mereka di wall Facebook-nya.
Awas, Ada Cumi-cumi Berukuran Raksasa Mengintai Anda di Laut Dalam

Untuk diketahui, Seirios adalah 'kereta luncur kamera' yang ditambatkan ke kapal sehingga tidak akan tersapu oleh arus bawah air.

"Kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh ini mampu menyelam hingga kedalaman 3,7 mil. Kendaraan memberi para ilmuwan akses yang belum pernah terjadi sebelumnya ke laut dalam," kata NOAA di situs web-nya.

Kemampuan utama dari Deep Discoverer adalah menangkap video dan foto definisi tinggi. Misalnya cumi-cumi yang sedang mengintal tersebut dengan kamera utama kendaraan yang dapat memperbesar pada organisme dengan panjang tiga inci dari jarak 10 kaki.

Perangkat dilengkapi 20 lampu LED yang menyediakan 150.000 lumen cahaya. Sehingga mampu memberikan penerangan ke kedalaman laut yang gelap.

NOAA dan para mitranya akan melakukan pemetaan dan operasi kendaraan yang dioperasikan jarak jauh dari NOAA Ship Okeanos Explorer. Operasi bertujuan mengumpulkan informasi dasar kritis tentang area perairan dalam yang tidak diketahui dan kurang dipahami pada benua di wilayah tenggara AS. Tepatnya di sepanjang Pantai Florida, Georgia, dan Carolina Selatan.

Ekspedisi dimulai di Miami, Florida, dan berakhir di Key West, Florida. Pada 2015, Deep Discoverer mengalami momen ajaib lain dengan cumi-cumi laut dalam yang berbeda.

Makhluk laut menawan itu memiliki panjang sekitar 1-2 meter yang disebut 'Taningia Danae' atau 'cumi whiplash'. Saat turun ke dasar laut Samudra Pasifik di Hawaii pada 19 September 2015, sebuah kendaraan bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh menangkapnya di depan kamera.

Memamerkan rona merah muda cerah saat berenang melintasi samudra biru yang dalam, para ilmuwan mengatakan cumi-cumi itu bisa memancarkan cahaya terang. Mereka percaya, ini digunakan untuk membutakan mangsa, mengukur jarak, atau memberi sinyal pacaran.

Para ahli mengatakan, penampakan pada bulan September adalah peristiwa satu dari sejuta. Sebab cumi-cumi whiplash jarang terlihat hidup.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak