alexametrics

Peneliti Temukan Fosil Monster yang Bisa Hidup di Darat dan Air

loading...
Peneliti Temukan Fosil Monster yang Bisa Hidup di Darat dan Air
Fosil Pliosaurus. FOTO/ Ist
A+ A-
LONDON - Dua peneliti asal Polandia berhasil menemukan fosil monster laut berusia 150 juta tahun. Hewan purba tersebut dikenal dengan nama Pliosaurus. Fosil itu ditemukan di timur laut Holy Cross Mountains, dekat dengan desa Krzyanowice, Polandia.

Dalam makalah yang diterbitkan di Proceedings of the Geologists Association, peneliti yang bernama Daniel Tyborowski dan Blazej Blazejowski mengungkapkan, panjang fosil temuan mereka sekitar 10 meter dan berasal dari sekitar 145 hingga 163 juta tahun yang lalu.

Temuan tersebut merupakan fosil Pliosaurus pertama yang pernah ditemukan di Polandia. Selama hidup, Pliosaurus merupakan puncak dari rantai makanan di masanya.



Mengutip laman Phys.org, Kamis (7/11/2019), ukuran Pliosaurus bisa mencapai dua kali lebih besar dari ukuran paus pembunuh saat ini, dengan berat mencapai puluhan ton.

Pliosaurus diyakini sebagai predator terbesar di darat dan di laut. Bentuk tubuhnya panjang dan ramping, dengan moncong mirip buaya, memiliki sirip dan gigi yang besar.

Makhluk ini juga diyakini telah memangsa hampir semua hewan di laut, serta beberapa hewan darat yang mencari makan di tepian air. Saking besarnya, Pliosaurus diyakini dapat membunuh dan melahap T-Rex.

Pasalnya, dalam penelitian sebelumnya disebutkan bahwa rahang Pliosaurus memiliki panjang hingga dua setengah meter, dan empat setengah kali lebih kuat dari rahang T-Rex.

Selain Pliosaurus, peneliti juga menemukan beberapa fosil lain di tempat yang sama, seperti buaya dan kura-kura purba. Para peniliti kini tengah melanjutkan penelitian mereka.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak