alexametrics

Elon Musk Sebut Butuh 20 Tahun Bangun Kota Berkelanjutan di Mars

loading...
Elon Musk Sebut Butuh 20 Tahun Bangun Kota Berkelanjutan di Mars
Elon Musk menyatakan butuh waktu 20 tahun dan banyak pesawat luar angkasa untuk membangun kota di Planet Mars. Foto/BBC
A+ A-
JAKARTA - Elon Musk telah membuat klaim besar lain tentang rencananya untuk "menjajah" Planet Merah dengan perusahaan penjelajahannya SpaceX. Dia menyebut butuh waktu 20 tahun dan 1.000 pesawat ruang angkasa Starship agar bisa membuat kota pertama di Mars.

Menurut Musk, 1.000 pesawat ruang angkasa tersebut dibutuhkan untuk mengangkut kargo, infrastruktur, dan kru ke Mars. Sedangkan waktu 20 tahun dibutuhkan karena penyelarasan planet hanya benar-benar memungkinkan untuk penerbangan Mars yang dapat dicapai secara realistis setiap dua tahun sekali.

"Seribu kapal akan dibutuhkan untuk menciptakan Kota Mars yang berkelanjutan. Sebab planet-planet hanya bersatu dua tahun sekali," katanya.



Mengutip TechCrunch, Sabtu (9/11/2019), pesawat Starship sendiri diklaim bisa mengangkut logistik hingga 100 ton ke orbit. Artinya setiap tahun SpaceX bisa meluncurkan hingga 10 juta ton ke orbit melalui pesawat Starship.

Tentu saja, untuk mendirikan kota permanen dan berkelanjutan di Mars, mesti didahului oleh pengiriman manusia ke Mars. NASA sendiri telah menetapkan 2024 sebagai waktu untuk mendaratkan astronot ke Bulan. Sementara SpaceX berharap Starship mereka bisa mendarat pada 2022.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak