Instagram Ngetes Sembunyikan Suka di AS Bikin Influencer 'Jantungan'

Minggu, 10 November 2019 - 17:00 WIB
Instagram Ngetes Sembunyikan Suka di AS Bikin Influencer Jantungan
Instagram Ngetes Sembunyikan Suka di AS Bikin Influencer 'Jantungan'
A A A
MENLO PARK - Instagram akan memperluas tes penyembunyian "Suka" yang telah berjalan di negara lain ke pengguna di AS. Dalam pengujian ini, jumlah "Suka" yang diterima pesan tertentu disembunyikan dari semua orang, kecuali untuk pembuat posting. Pengetesan ini pun membuat Influencer "jantungan" karena berpotensi memangkas jumlah "Suka" terhadap unggahan mereka.

CEO Instagram, Adam Mosseri, mengungkapkan, hal ini pada konferensi Wired25 di San Francisco, AS, pada Jumat waktu setempat. Mosseri mengatakan, idenya adalah untuk membuat platform kurang kompetitif, menghasilkan jumlah kecemasan yang lebih rendah bagi anggota."Idenya adalah mencoba membuat depresi di Instagram, menjadikannya kurang dari kompetisi, dan memberi orang lebih banyak ruang untuk fokus dalam berhubungan dengan orang yang mereka cintai dan hal-hal yang menginspirasi mereka," kata Adam dilansir GSM Arena.
Instagram Ngetes Sembunyikan

Langkah ini merupakan bagian dari upaya Instagram agar pengguna tidak beralih ke Twitter, di mana anggota diserang secara rutin karena keyakinan politik dan agama mereka. Penyembunyian "Suka" dimulai di Kanada pada bulanApril dan berlanjut ke Irlandia, Italia, Jepang, Brasil, Australia, serta Selandia Baru dua bulan kemudian. Induk Instagram, Facebook pun memulai tes serupa di Australia selama September.

HypeAuditor, sebuah perusahaan yang mencocokkan bisnis dengan influencer, menemukan fakta penghitungan "Suka" yang turun di negara-negara tempat uji penghitungan penyembunyian "Like" dilakukan. Influencer dengan 5.000-20.000 pengikut melihat "Suka" mereka menurun 3% hingga 15%, tergantung pada negara yang diuji.

Ada satu negara di mana hasilnya bertolak belakang. Di Jepang, influencer dengan 1.000-5.000 atau 100.000-1 juta pengikut melihat jumlah "Suka" mereka meningkat sekitar 6%, bahkan ketika pengujian berlangsung di negara itu.

Penurunan terbesar "Suka" selama tes datang di Brasil. Di sana influencer dengan 100.000-1 juta pengikut kehilangan 28,33% respons "Suka" mereka. Tampaknya, di beberapa negara, pelanggan media sosial lebih cenderung untuk "Suka" posting jika mereka tahu orang lain "Suka" juga.

Apakah Instagram membuat "Suka" yang tersembunyi sebagai fitur permanen akan bergantung pada seberapa buruk pengaruh influencer selama fase pengujian. Ini adalah pekerjaan hidup dan mati pada jumlah "Suka" dan pengikut. Bila pengujian menentukan influencer bisa kehilangan mereka, Instagram mungkin memutuskan untuk segera menghentikan tes. Platform ini juga tidak ingin banyak influencer pergi ke layanan media sosial lainnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9411 seconds (0.1#10.140)