Gagal di Handphone, Nokia Coba Peruntungan di Industri Smart TV

Minggu, 10 November 2019 - 21:00 WIB
Gagal di Handphone, Nokia Coba Peruntungan di Industri Smart TV
Gagal di Handphone, Nokia Coba Peruntungan di Industri Smart TV
A A A
HELSINKI - Merek Nokia pernah jadi yang terbaik di dunia seluler dan seiring perjalanan waktu, mereka tersisih. Kini paten merek Nokia untuk smartphone dipegang oleh HMD Global.

Nokia sendiri terus hadir dengan memfokuskan diri pada layanan korporasi, bukan lagi device. Namun laporan terbaru menyebutkan perusahaan asal Finlandia itu mencoba peruntungan di industri lainnya, yakni smart-tv (televisi pintar). Untuk debutnya, Nokia membidik pasar televisi India.

Nokia menggandeng raksasa e-commerce setempat, Flipkart, untuk meluncurkan TV pintar di pasar India. Nama produknya, Nokia Smart TV. Ini adalah perusahaan ponsel lain yang mengikuti tren merek TV pintar seperti Xiaomi OnePlus.

Seberapa Besar Pasar Smart TV India?
Dalam sebuah pernyataan, Flipkart, mengatakan, mereka memang memiliki kemitraan strategis dengan Nokia. Juga terungkap bahwa mereka akan meluncurkan produk-produk smart TV bermerek Nokia di pasar India.

Seorang juru bicara Flipkart mengatakan, Flipkart akan menggunakan pemahamannya tentang kebutuhan konsumen India untuk mengembangkan dan mempromosikan produksi dan penjualan TV pintar merek Nokia. TV pintar Nokia disebut akan menggunakan sistem tata suara JBL. Ini berarti JBL dan Nokia akan memasuki pasar TV India untuk pertama kalinya,.

Saat ini, pasar India penuh dengan berbagai merek TV pintar. Menurut IDC, Xiaomi memiliki pangsa pasar tertinggi di pasar TV pintar India. Mereka menguasai 39% pasar TV pintar India. Sedangkan pelaku industri lainnya seperti LG, Sony, dan Samsung memegang masing-masing persentase 15%, 14%, dan 12%.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9716 seconds (0.1#10.140)