alexametrics

Lewat YouTube, Streaming Musik Kian Mudah

loading...
Lewat YouTube, Streaming Musik Kian Mudah
Lewat YouTube, Streaming Musik Kian Mudah. (Dok. Youtube).
A+ A-
LAYANAN streaming musik di Indonesia semakin variatif. Juga semakin mudah. Terutama, setelah Google akhirnya resmi memboyong layanan streaming YouTube Music ke Tanah Air.

Ini wajar, sebab ranah streaming di Indonesia sangat menjanjikan. Dengan semakin luasnya penetrasi smartphone, internet, dan jaringan 4G LTE, konsumen dengan mudah mendengarkan musik lewat ponselnya. Di kawasan Asia Tenggara, YouTube Music dikenalkan serentak di lima negara. Salah satunya Indonesia.

Namun, apa beda YouTube Music dengan aplikasi YouTube biasa? Toh, saat ini pun pengguna juga bisa mendengarkan musik dan menonton video klip dengan bebas?



Secara fungsi memang sama. Yakni, mendengarkan musik dengan cara streaming melalui jaringan data. Meski demikian, aplikasi YouTube Music dirancang secara khusus untuk memberikan kenyaman bagi pengguna dalam mendengarkan musik. Bukan video.

Terkait model bisnisnya, serupa dengan Spotify. Ada dua pilihan. Pelanggan bisa mengakses layanan streaming tersebut dengan gratis. Dengan syarat diselingi iklan. Tapi, bagi mereka yang tidak ingin melihat iklan, maka bisa membayar biaya langganan.

Berapa harganya? Per bulannya harga berlangganan YouTube Music Premium sebesar Rp49.000. Ini tak jauh berbeda dengan Spotify yang mematok Rp49.990/bulan.

Dengan banderol harga tersebut pengguna bisa menikmati fitur ekstra YouTube Music, seperti streaming musik tanpa iklan, hingga mengunduh lagu agar bisa diputar secara offline. Beberapa konten YouTube Music yang unik, misalnya penampilan live, lagu kover, hingga video baru.

Untuk periode pengenalan (7 November - 26 November), Google menawarkan 3 bulan gratis akses YouTube Music Premium bagi pengguna yang mengunduh aplikasi YouTube Music. Nah, karena Google dikenal dengan fitur pencariannya yang solid, maka YouTube Music juga mendapatkan fungsi serupa. Pengguna bisa mencari konten musik lewat kata kunci apapun.

Kalaupun mereka lupa judul lagu dan penyanyi, bisa mencari berdasarkan lirik lagu. Inilah yang tidak dimiliki layanan streaming lainnya. Dengan cara ini pengguna bisa lebih mudah dalam mencari lagu yang ingin ia dengarkan.

Perbedaan lainnya, pengguna tidak hanya mendengarkan musik. Melainkan juga bisa menonton video klip lagu yang sedang diputar langsung dari dalam aplikasi YouTube Music. Tentu saja, fitur kurasi juga dilakukan. Misalnya "Video Hotlist" yang merupakan fitur untuk menelusuri lagu apa yang sedang banyak diputar di internet.

YouTube Premium
Selain merilis aplikasi YouTube Music, Google juga meluncurkan layanan berlangganan YouTube Premium di Indonesia. Layanan ini dibanderol dengan harga Rp59.000 per bulan.

Lewat status "Premium", pengguna bisa menonton video YouTube bebas iklan, bisa memutar video di luar aplikasi YouTube dengan mekanisme picture-in-picture (PiP), dan mengunduh video untuk ditonton secara offline.

Jika pengguna berlangganan YouTube premium, maka mereka secara otomatis bakal mendapatkan benefit berlangganan YouTube Music Premium secara gratis.

Ada juga paket khusus Youtube Music Family Plan dan Youtube Premium Family Plan, di mana pengguna dapat menambahkan hingga enam akun. Harga paket mulai Rp75 ribu per bulan.

Youtube Music disebut bakal terpasang otomatis di perangkat yang sudah menggunakan Android 10. Layanan ini juga akan otomatis terpasang pada perangkat yang masih menggunakan Android 9 Pie.mYoutube Music sendiri telah meluncur pada November 2015 dan Google Play Music meluncur 2011. Sejak saat itu, Google mengoperasikan dua layanan musik berbeda. (Danang Arradian)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak