alexametrics

Ilmuan Ciptakan Keselamatan Anak-Anak dari Kematian di Dalam Mobil

loading...
Ilmuan Ciptakan Keselamatan Anak-Anak dari Kematian di Dalam Mobil
Ilustrasi keberadaan anak di Dalam Mobil. FOTO/ Ist
A+ A-
LONDON - Para ilmuwan asal Kanada berhasil mengembangkan sensor yang dapat mendeteksi dan meningkatkan fungsi alarm, ketika anak-anak atau hewan peliharaan sendirian di dalam mobil.

Perangkat ini menggunakan teknologi radar dan artificial intelligence (AI) untuk memberikan sinyal kepada alarm. Tim pengembang mengatakan tingkat akurasi dari sensor ini 100% tepat. Rencananya, para ilmuwan akan mulai menjual perangkat tersebut pada akhir 2020.

Ukuran alat ini kurang lebih hanya satu inci. Cara penggunaannya dengan dilekatkan di langit-langit atau kaca spion kendaraan. Sinyal dari radar kemudian terpantul kembali ke makhluk hidup di dalam mobil, dan AI akan menganalisis sinyal itu untuk menentukan apakah alarm perlu berbunyi atau tidak.



Menurut para ilmuwan yang berasal dari University of Waterloo, Kanada, ketika alarm berbunyi, perangkat akan mencegah pintu kendaraan terkunci, sehingga pengemudi atau orang-orang di sekitar kendaraan dapat segera menolong.

“Ini masalah serius di seluruh dunia. Sistem ini sangat terjangkau sehingga bisa menjadi peralatan standar di semua kendaraan,” kata George Shaker, profesor teknik dari universitas yang sama, dikutip dari CNN, Rabu (13/11/2019).

Tidak seperti kamera, lanjut Shaker, perangkat ini dapat menjaga privasi dan tidak memiliki titik buta, karena radar dapat menembus kursi. Salah satu fungsinya untuk mendeteksi keberadaan bayi di kursi depan atau belakang.

Menurut organisasi keselamatan Kids and Cars, setidaknya secara rata-rata 37 anak-anak meninggal setiap tahunnya di dalam mobil dengan suhu panas di Amerika Serikat. Sepanjang 2019 saja jumlah kematian itu sudah mencapai 52 anak.

Angka tersebut termasuk anak-anak yang lupa ditinggal di dalam mobil, atau secara tidak sengaja mengunci diri di dalam mobil atau bagasi. Belum lama ini, kasus tersebut kembali terjadi di Florida, seorang balita meninggal setelah sepanjang hari ditinggalkan di dalam mobil keluarganya dalam cuaca yang panas.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak