Banyak Perusahaan dari Berbagai Penjuru Dunia Penasaran dengan LiFi

Jum'at, 15 November 2019 - 13:56 WIB
Banyak Perusahaan dari Berbagai Penjuru Dunia Penasaran dengan LiFi
Banyak Perusahaan dari Berbagai Penjuru Dunia Penasaran dengan LiFi
A A A
EINDHOVEN - Signify, pemimpin dunia di bidang pencahayaan, mengumumkan telah bekerja dengan lebih dari 30 pelanggan di Eropa, Amerika Utara, dan Asia untuk menguji coba sistem Light Fidelity (LiFi) komersial milik perusahaan.

LED luminer yang mengaktifkan LiFi dari Signify menggabungkan lampu hemat energi berkualitas unggul dengan komunikasi nirkabel berkecepatan tinggi. Teknologi ini pun dinyatakan aman dan stabil dalam menggunakan gelombang cahaya.

Implementasi Teknologi LiFi dari Bangalore ke Stavanger
Pelanggan yang mencoba terobosan teknologi ini tercatat berada di seluruh dunia. Di Bangalore, India, penyedia ruang kantor terkelola, Incubex, telah membuat ruang pertemuan dilengkapi LiFi untuk memungkinkan banyak usaha rintisan (startup) dan perusahaan yang dilayaninya untuk mengeksplorasi teknologi ini. (Baca juga: Signify Rilis Trulifi, Sistem LiFi Kecepatan Tinggi yang Aman dan Andal )

Sejak awal berdiri, Signify selalu aktif bereksperimen dan mempromosikan teknologi-teknologi baru. Perusahaan pun memberikan kesempatan kepada lebih dari 450 anggota di pusat Manya Tech Park dan lebih dari 3.500 anggota di 10 pusat lainnya.

“Mereka menjadi yang pertama merasakan langsung teknologi baru yang siap digunakan di berbagai tempat ini. Sejauh ini, kami mendapat tanggapan yang luar biasa dan menerima banyak permintaan informasi dari anggota kami,” kata Alap Uttamchandani, Pendiri Incubex.

Atea, perusahaan infrastruktur teknologi informasi (TI) terkemuka di wilayah Nordik dan Baltik juga sedang menguji coba LiFi di kantornya di Stavanger, Norwegia. Perusahaan ini telah memasang luminer LiFi di lobi gedungnya, sehingga dapat mendemonstrasikan teknologi tersebut dan mengajak pengunjung menjajaki teknologi komunikasi nirkabel yang baru.

Perusahaan telekomunikasi Orange ikut menjadi pelanggan yang turut dalam proyek percontohan teknologi ini di kantornya di dekat Paris, Prancis. Mereka ikut menguji coba LiFi.

Di Singapura, Republic Polytechnic bakal memasang LiFi di Smart Devices Lab miliknya. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan belajar dan memperluas eksposur para mahasiswa terhadap teknologi pencahayaan pintar yang baru. Politeknik tersebut menjadi institusi pendidikan tinggi pertama di Asia Tenggara yang mengadopsi LiFi.

Di Indonesia, Signify telah bermitra dengan IQ Education untuk menciptakan lingkungan belajar berteknologi tinggi bagi anak-anak usia 6 – 12 tahun. IQ bertujuan untuk menjadi tempat "ketiga" antara sekolah dan rumah -mengajari siswa coding, matematika, dan bahasa Inggris sambil menyediakan area ruang yang nyaman di mana anak-anak bisa menyelesaikan pekerjaan rumah sebelum orang tuanya pulang kerja.

Selain ruang belajar, IQ yang memiliki sudut khusus dengan koneksi LiFi, ruang kelasnya juga menggunakan Philips Hue. Yakni pencahayaan pintar untuk menciptakan suasana sempurna dari Signify.

“Proyek-proyek percontohan awal kami mencerminkan potensi luar biasa besar dari teknologi ini,” kata Michel Germe, Head of LiFi di Signify.

Pihaknya telah menerima ratusan permintaan informasi dari para pelanggan potensial di seluruh penjuru dunia. Beberapa di antaranya telah melahirkan aplikasi yang terinspirasi oleh dan diciptakan bersama-sama mereka.

“Seperti komunikasi antar-robot di berbagai fasilitas manufaktur. Sebagaimana lebih dari 30 proyek percontohan ini, kami juga telah memasang LiFi di 26 gedung kami di seluruh dunia,” ucapnya.

Rami Hajjar, Country Leader Signify Indonesia, menambahkan, pesatnya perkembangan digital di Indonesia, sebagai negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di Asia Tenggara, telah siap menerima teknologi seperti LiFi. “LiFi akan mengubah cara kita mengakses internet, dan teknologi ini telah menarik banyak peminat. Terutama di mana koneksi internet cepat dan sangat aman dibutuhkan. Kami tidak sabar melihat bagaimana Signify dan pelanggan akan menemukan cara baru untuk menggunakan LiFi baik di kantor, di toko dan di pusat pendidikan seperti IQ,” papar Rami.

Proyek-proyek percontohan ini menegaskan komitmen Signify dalam mengembangkan inovasi yang bermanfaat bagi para pelanggannya. Sekaligus menunjukkan kepemimpinan perusahaan dalam membuka nilai pencahayaan sebagai bahasa cerdas baru.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2466 seconds (0.1#10.140)