alexametrics

6 Keuntungan Bayar Tagihan Listrik Secara Online Dibandingkan Offline

loading...
6 Keuntungan Bayar Tagihan Listrik Secara Online Dibandingkan Offline
Ilustarasi pengguna listrik. FOTO/ Ist
A+ A-
JAKARTA - Air dan Listrik saat ini menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat yang ada di Indonesia. Tanpa listrik dan internet, akan ada banyak hal yang tidak bisa dilakukan. Misalnya main game, menyetrika baju, ataupun menonton TV.Setiap penggunaan air dan listrik, maka Anda harus membayar tagihan penggunaan tersebut per bulannya ke perusahaan PLN atau PDAM. Untuk pembayaran listrik, bisa dilakukan secara online ataupun offline. Ada beberapa keuntungan yang akan Anda bisa dapatkan jika bayar tagihan telkom online dan bayar tagihan listrik online.
Berikut adalah alasan kenapa lebih praktis untuk melakukan pembayaran listrik PLN dan internet / telkom secara online daripada lewat ATM atau kantor cabang.

1. Waktu yang Lebih Singkat

Coba bandingkan, antara Anda membayar tagihan secara offline dengan online. Lama yang mana? Kebanyakan orang akan menjawab secara offline.



Walaupun saat ini sudah banyak jasa yang memungkinkan Anda untuk menitip agar tagihan Anda dibagikan, namun tidak akan secepat membayar tagihan lewat online. Hal ini disebabkan Anda bisa membayar dimana saja dan kapan saja bahkan lewat smartphone sekalipun.

Apalagi saat ini untuk membayar tagihannya, prosesnya berlangsung cepat lewat sistem yang sudah otomatis. Caranya yaitu hanya hanya perlu untuk mengisi data yang diperlukan dan kemudian Anda melakukan hanya perlu mengikuti prosesnya dan tagihan sudah terbayarkan .

2. Lebih Menghemat Tenaga


Jika dibandingkan dengan membayar tagihan secara offline, dengan cara online Anda akan lebih menghemat energi bahan Anda tidak perlu untuk pergi dari tempat Anda agar tagihan Anda terlunasi.

Jadi, Anda tidak perlu lagi menggunakan agen pembayaran online ataupun jauh-jauh ke ATM untuk membayar sehingga Anda bisa menggunakan energi Anda untuk melakukan hal yang lainnya.

3. Biaya Pengeluaran yang Lebih Irit

Saat membayar tagihan secara online, maka Anda akan memiliki biaya pengeluaran yang lebih hemat. Jika dibandingkan dengan membayar tagihan lewat cara offline maka Anda harus mengeluarkan biaya tambahan. Misalnya Anda akan mengeluarkan biaya untuk bensin, tukang parkir dan jika Anda menggunakan agen offline, Anda harus membayar biaya jasa untuk agen tersebut.

Jadi, dengan membayar tagihan secara online, Anda akan menghemat biaya untuk membayar agen offline atau tarif parkir dan biaya untuk membeli bahan bakar minyak. Karena biaya yang lebih hemat, Anda bisa mengalokasikan dan menggunakan biaya tambahan untuk membeli produk atau kebutuhan yang lainnya.

5. Meminimalisir Keterlambatan Pembayaran Tagihan

Di zaman yang serba canggih ini, masyarakat memiliki kesibukan yang sangat padat sehingga tidak jarang akan lupa untuk melakukan hal yang lainnya, misalnya untuk membayar tagihan. Sayangnya, keterlambatan pembayaran listrik bisa mengakibatkan arus listrik yang Anda miliki diputus PLN sehingga rumah Anda akan menjadi gelap gulita. Sama juga jika kita tidak membayar tagihan telkom tepat waktu maka telepon atau internet kita bisa dimatikan.

Namun, dengan melakukan pembayaran secara online, Anda akan terhindar dari pemutusan aliran listrik, telpon atau air karena terlambat membayar. Anda bisa menggunakan reminder yang ada di ponsel Anda untuk mengingatkan Anda waktu pembayaran tagihan.

Setelah itu, Anda bisa langsung membayar tagihan dari rumah Anda yang sudah terhubung dengan internet.

6. Data Aman

Ketika Anda membayar tagihan secara offline dengan datang langsung ke tempat pembayaran atau dengan menggunakan agen, biasanya Anda akan diberi struk yang merupakan tanda jadi jika Anda membayar tagihan. Namun, struk yang berupa kertas tersebut bisa hilang kapan saja sehingga jika anda butuh data atau bukti pengeluaran untuk rekap bulanan, Anda akan kesulitan.

Sedangkan jika Anda membayar dengan cara online, riwayat pembayaran akan tersimpan secara otomatis di akun tersebut. Sehingga jika Anda ingin melihat rekapan atau riwayat Anda untuk membayar tagihan, Anda bisa mengecek langsung dan proses rekap dapat berjalan dengan lebih baik.

Namun, sebelum Anda melakukan pembayaran untuk tagihan di rumah Anda, maka Anda harus mengecek terlebih dahulu berapa tagihan yang harus dibayarkan agar pembayaran tidak dilakukan berkali-kali.

Itulah keuntungan Anda membayarkan tagihan secara online. Akan lebih mudah lagi jika Anda membayarkannya di Cermati.com. Tagihan terbayarkan dan Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar keuangan.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak