Hasil Riset IDC, Oppo dan Vivo Kuasai Pasar Indonesia

Selasa, 19 November 2019 - 13:48 WIB
Hasil Riset IDC, Oppo dan Vivo Kuasai Pasar Indonesia
Hasil Riset IDC, Oppo dan Vivo Kuasai Pasar Indonesia
A A A
Lembaga riset IDC baru saja merilis laporan pengiriman ponsel di sepanjang kuartal ketiga (Juli-September) 2019 di Indonesia. Hasilnya, Oppo menguasai pengiriman ponsel, menggeser Samsung dengan pangsa pasar pasar 26,2%. Sebagai catatan, IDC mencatat shipment atau pengiriman. Yakni, ponsel yang dikirim dari pabrik ke toko/dealer. Bukan jumlah ponsel yang terjual.

Menurut IDC, Oppo yang menguasai pasar di segmen entry level dan menengah lewat Oppo K3, A5 dan A9. Di posisi kedua, ada Vivo yang menurut IDC memiliki market share 22,8%. Mereka dianggap sukses lewat model Z1 Pro.

Sementara itu, pemimpin pasar Samsung yang menurut IDC tergeser ke posisi ketiga memiliki market share 19,4%. Menurut IDC, salah satu penyebab menurunnya market share adalah langkah Samsung yang terlalu cepat menyegarkan segmen Galaxy A yang menyumbang penjualan terbesar.

Selain itu, Realme sebagai pendatang baru juga tampil moncer. IDC mengklaim Realme menduduki posisi keempat, berada di atas Xiaomi dengan market share 12,6%. Sementara itu, Xiaomi ada di posisi kelima dengan market share 12,5%.

Menurut IDC, pangsa pasar ponsel di kuartal ketiga mengalami penuruan hingga 9,9 persen dibanding tahun sebelumnya dengan penjualan 8,8 juta unit sepanjang Juli-September 2019. Bisa jadi, karena konsumen menunggu untuk berbelanja di akhir tahun. Sebab, di kuartal terakhir banyak sekali promo yang dihelat oleh berbagai e-commerce.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7227 seconds (0.1#10.140)