alexametrics

Ratusan Juta Ponsel Google dan Samsung Disinyalir Kena Bug Berbahaya

loading...
Ratusan Juta Ponsel Google dan Samsung Disinyalir Kena Bug Berbahaya
ilustrasi Samsung dan Google. FOTO/ Ist
A+ A-
LONDON - Pengguna ponsel pintar Google dan Samsung diminta harus waspada, pasalnya bug berbahaya mengintai di dua merek ponsel tersebyr. Bug berbahaya ini memungkinkan peretas melacak lokasi ponsel anda bahkan merekam panggilan telepon secara otomatis.

Google telah mengkonfirmasi bahwa hal demikian benar terjadi, dan pengguna perlu memperbaharui ponsel mereka agar tetap aman.

Peretasan terjadi karena pengguna mengunduh sembarang aplikasi dari Google Play Store. Aplikasi ini biasanya akan disamarkan sebagai perangkat lunak normal, seperti aplikasi cuaca atau kamera selfie. Setelah terunduh, aplikasi akan membajak aplikasi kamera ponsel Google atau Samsung untuk mengintip Anda.



Bug itu memberi hacker akses yang mengerikan ke kehidupan pribadi pengguna. Peretas dapat mengambil foto dan merekam video menggunakan ponsel pengguna. Mereka juga dapat mengumpulkan semua tag lokasi untuk foto yang telah di ambil, dan menemukan ponsel pengguna di peta global. Demikian dikutip dari laman The Sun, Rabu (20/11/2019).

Peretasan dimungkinkan dilakukan dalam "mode sembunyi-sembunyi", membiarkan cybercrooks membungkam ponsel anda saat mengambil foto dan merekam video. Peretas bahkan dapat secara otomatis merekam selama panggilan video-audio dari percakapan telepon anda.
(AUZA ASYANI)
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak