alexametrics

Bandwidth 6G Bisa Lesatkan Broadband Hingga 1 Tb Per Detik

loading...
Bandwidth 6G Bisa Lesatkan Broadband Hingga 1 Tb Per Detik
Pada Konferensi Dunia tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Depan, Yu Shaohua, dari Akademi Teknik Cina, menyampaikan pidato berjudul Aplikasi dan peralatan Ikonik adalah Kunci Keberhasilan 5G. Foto/Giz China
A+ A-
BEIJING - Perkembangan teknologi jaringan 5G semakin maju dan sekarang industri sudah mulai memikirkan sesuatu yang lebih baik lagi. Melihat suksesi antara 2G, 3G, dan 4G, dibutuhkan sekitar 10 tahun untuk sepenuhnya mengembangkan jaringan baru.

Jaringan 5G sendiri dimulai tahun ini sehingga para peneliti pun sudah mulai membicrakan 6G. Pada Konferensi Dunia tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Depan, Yu Shaohua, dari Akademi Teknik CHina, menyampaikan pidato berjudul Aplikasi dan peralatan Ikonik adalah Kunci Keberhasilan 5G.

Dilansir dari laman Giz China, Yu Shaohua, mengatakan, jaringan 6G di masa depan akan memperkenalkan pengalaman kinerja jaringan TRUST. Kata itu adalah singkatan dari:
T is Tb / s broadband
R is ultra-high reliability
U is the overload connection
S is the sub-millisecond delay
T is the large Hertz spectrum.




Yu Shaohua menjelaskan, setiap generasi komunikasi seluler memiliki aplikasi dan peralatan ikonik. Jaringan 2G adalah suara dan SMS, sedangkan 3G mengantarkan aplikasi smartphone termasuk CRBT, MMS, layanan data videophone, dan lain sebagainya. Selanjutnya, 4G membuat aplikasi 3G jauh lebih baik dan menambahkan layanan lokasi.

Kemungkinan besar investasi 5G akan lebih besar dari 4G. Namun, operator masih harus berurusan dengan aplikasi ikonik 5G yang tepat dan peralatan baru.

Dia menyimpulkan, aplikasi baru ikonik 5G dan peralatan baru menjadi tiga dimensi, yaitu manusia, jaringan, dan material: interkoneksi manusia, interkoneksi karakter, dan interkoneksi objek. "Ada lima kategori industri utama, yakni konsumsi pribadi ultra-wideband, jaringan mobil, remote control, internet industri, dan aplikasi perkotaan," sebutnya.

Yang menarik dari pernyataan akademisi ini yang memperkirakan kemampuan jaringan internet generasi keenam menyedot data 1 Terrabyte (TB) dalam waktu satu detik. Kemampuan yang jauh dibandingkan 5G sekalipun.

Sebagai pembanding, di Korea Selatan, negara pertama yang mengadopsi jaringan generasi kelima, teknologi 5G kecepatan maksimalnya bisa mencapai 100 kali lebih cepat dibanding teknologi 4G. Lebih tepatnya 10Gbps (10 Giga bit per detik).
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak