Qualcomm Membuat Peta Jalan Visual Penyebaran 5G di Seluruh Dunia

Jum'at, 22 November 2019 - 19:01 WIB
Qualcomm Membuat Peta Jalan Visual Penyebaran 5G di Seluruh Dunia
Qualcomm Membuat Peta Jalan Visual Penyebaran 5G di Seluruh Dunia
A A A
NEW YORK - Perusahaan pembuat chip asal Amerika Serikat, Qualcomm, baru-baru ini mengadakan Analyst Day 2019 di New York. Dalam acara tersebut, President Qualcomm, Cristiano Amon, meluncurkan peta jalan visual yang komprehensif untuk peluncuran jaringan 5G secara global.

Dalam peta itu, juga diprediksi kesiapan setiap negara menyambut jaringan teknologi kelima, termasuk di negara-negara berkembang.

Pada kesempatan yang sama, seorang Eksekutif Qualcomm mengatakan, perusahaannya berharap jaringan 5G dapat tersedia secara luas di kota-kota besar pada tahun depan. Kemudian diikuti oleh negara-negara berkembang pada tahun berikutnya.

Peta jalan visual yang dirilis menunjukkan varian mid-band (sub-6GHz) dari 5G yang diproyeksikan bakal menyebar luas selama tahun 2020.

Negara-negara yang diharapkan mulai meluncurkan 5G antara lain Kanada, Meksiko, Brasil, Chili, Austria, Prancis, Turki, India, Vietnam, Hong Kong, Singapura, dan Afrika Selatan. Sementara jaringan 5G yang lebih cepat akan tersedia di Jepang, Korea Selatan, dan Rusia, di tahun yang sama.

Melansir laman Gizmo China, Kamis (21/11/2019), Qualcomm juga berharap 5G dapat tersebar di Peru, Nigeria, negara-negara kecil di Eropa, dan negara-negara berkembang di Asia seperti Kamboja dan Sri Lanka, mulai 2021.

Kemudian, jaringan 5G yang lebih cepat diperkirakan akan digunakan oleh Meksiko, Brasil, Chili, Jerman, Italia, Hong Kong, dan Singapura, juga pada 2021.

Untuk ketersediaan chipset, Amon menegaskan bahwa akan mulai tersedia pada 2020 mendatang. Jaringan 5G akan mendukung Snapdragon seri 6, 7, 8, dan seri setelahnya.

Ponsel pintar premium nantinya juga akan didukung jaringan ini, begitupun ponsel pintar menengah dari sejumlah merek. Tidak hanya itu, Qualcomm juga berencana menyediakan 5G pada chip yang digunakan oleh PC.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8525 seconds (0.1#10.140)