Operator AS Tak Lagi Bisa Beli Peralatan Huawei dan ZTE

Minggu, 24 November 2019 - 15:00 WIB
Operator AS Tak Lagi Bisa Beli Peralatan Huawei dan ZTE
Operator AS Tak Lagi Bisa Beli Peralatan Huawei dan ZTE
A A A
WASHINGTON - Larangan transaksi dagang terhadap Huawei belakangan ini terlihat mengendur karena perpanjangan penangguhan sanksi oleh Pemerintah AS. Tapi di sisi lain, ternyata AS semakin mengetatkan sanksi kepada raksasa manufaktur China tersebut.

Perkembangan terakhir seputar perang dagang AS-Cina adalah operator AS tidak lagi dapat membeli peralatan Huawei dan ZTE menggunakan dana subsidi federal. Sampai sekarang, hanya operator terpilih dengan persetujuan yang dapat membeli peralatan Huawei dan ZTE.

Laman GSM Arena melaporkan, mereka masih dapat melakukan pembelian dari perusahaan China tersebut. Namun perusahaan tidak lagi mendapat subsidi federal.Bahkan, FCC memutuskan mewajibkan operator AS untuk mengganti peralatan yang sekarang dibeli dengan dana federal. Pejabat di FCC menyebut nilai yang harus dibayar para operator pengguna perangkat Huawei dan ZTE mencapai USD2 miliar.
Huawei telah menanggapi putusan tersebut dengan mengatakan, keputusan FCC didasarkan sepenuhnya pada informasi satu sisi dan secara praktis memaksakan pembatasan tanpa adanya bukti nyata. Jika ada yang keberatan, putusan FCC akan memakan waktu hingga 120 hari untuk diberlakukan.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.4704 seconds (0.1#10.140)