alexametrics

NASA Pamer Foto Menyeramkan Ledakan Bintang yang Mirip Kelelawar

loading...
NASA Pamer Foto Menyeramkan Ledakan Bintang yang Mirip Kelelawar
Bat Nebula (Nebula Kelelawar) foto menakutkan ini diambil selama pengamatan di penutup Nebula bagian timur. FOTO/ Ist
A+ A-
WASHINGTON - Foto menyeramkan dari ledakan kematian sebuah bintang masif yang terlihat seperti kelelawar raksasa di luar angkasa diungkapkan oleh NASA. Dijuluki sebagai Bat Nebula (Nebula Kelelawar) foto menakutkan ini diambil selama pengamatan di penutup Nebula bagian timur.

Penutup Nebula atau yang disebut sebagai Veil Nebula merupakan sisa-sisaan yang sangat besar dari Supernova, yaitu tahap terakhir evolusi bintang raksasa.

Mengutip laman The Sun Rabu, (27/11/2019) Ledakan kematian Supernova menghasilkan puing awan yang meluas, yang sebagian membentuk Bat Nebula. Bintang yang menciptakan puing awan diperkirakan berukuran 20 kali lebih besar dari Matahari dan dikatakan telah meledak 8.000 tahun yang lalu.



Seluruh Veil Nebula sebenarnya membentuk lingkaran kasar, yang mencakup hampir tiga derajat langit menuju konstelasi Cygnus. Sebagai perbandingan, Bat Nebula dalam penutup memakan setengah derajat, membuatnya seukuran Bulan.

Penutup ini ukurannya diperkirakan sekitar 1.400 tahun cahaya dari Bumi. Dalam gambar yang dirilis oleh NASA, emisi dari atom hidrogen muncul dalam warna merah dan emisi yang kuat dari oksigen dan nitrogen tampak berwarna biru.

Kelelawar menyeramkan bukanlah satu-satunya bentuk menyeramkan yang dimiliki Nebula. Di bagian barat penutup, para ahli juga menjulukinya sebagai 'The Witch's Broom' Nebula karena bentuknya yang seperti sapu. (AUZA ASYANI)
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak